Sri Mulyani Optimis Sepanjang Kuartal I Konsumsi Tumbuh 5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakini pertumbuhan konsumsi nasional di akhir kuartal I-2019, akan tumbuh lima persen. Hal itu didorong juga oleh meningkatnya konsumsi masyarakat berkat program-program bantuan sosial atau bansos yang marak dikucurkan pemerintah.

Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Kemenkeu Genjot Belanja Pemerintah di Kuartal IV-2023

"Untuk kuartal pertama, mungkin sekitar lima persen pertumbuhan terjadi di konsumsi," ujar Sri menjadi pembicara dalam Woman Luncheon Program pada pertemuan ABAC II di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Adapun, bansos itu contohnya Program Keluarga Harapan (PKH), juga Dana Desa. Sri juga mengungkapkan, meningkatnya besaran dari sejumlah program bansos membuat kontribusi belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi, cukup signifikan

Sri Mulyani Ungkap Realisasi Belanja Pemerintah Pakai Kartu Kredit Tembus Rp 427 Miliar

"Untuk kuartal kesatu ini pertumbuhan belanja pemerintah cukup tinggi, terutama didorong oleh social spending itu," ujar Sri.

Selain itu, Sri menyampaikan, sejumlah faktor lain seperti daya beli masyarakat yang terjaga, aktivitas perdagangan yang stabil, hingga Pemilu yang aman, memberi kontribusi positif pula pada kondisi ekonomi di kuartal I-2019.

IHSG Dipengaruhi Realisasi Belanja Pemerintah, Ini Rekomendasi Sahamnya

"Pemilu yang aman kemarin juga sangat menentukan. Jadi, kita berharap di kuartal satu, (pertumbuhan konsumsi) mungkin masih akan di sekitar lima persen," ujar Sri. (asp)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani di APBN Kita.

Sri Mulyani Sudah Belanjakan Rp 173,3 Triliun untuk Subsidi dan Kompensasi BBM-Listrik

Pemerintah hingga September 2023 telah membayarkan subsidi dan kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik sebesar Rp 173,3 triliun.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023