Bandara Baru di Kulon Progo Dinamai Yogyakarta International Airport

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 24 April 2019. Berdasarkan usulan dari Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X, bandara baru ini dinamai Yogyakarta International Airport.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Akan Bertemu Sultan HB Bukan karena Jokowi

"Nama resmi Yogyakarta International Airport (YIA), atas saran Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DI Yogyakarta). Kita setuju semua," kata Budi.

Pembangunan landasan Bandara YIA, katanya, sudah rampung 100 persen. Landasan pacu itu diklaim salah satu landasan terbaik di Indonesia. “Baik dari panjangnya 3.200 meter, lebarnya 75 meter, daya dukungnya di atas 100,” ujarnya.

Terpopuler: 8 Negara dengan Militer Terkuat di Asia, Heboh Rektor Didatangi Oknum Polisi

Landasan pacu di YIA dapat dipakai untuk pelepaslandasan atau pendaratan berbagai jenis pesawat terbang, termasuk tipe pesawat jenis 380 Airbus maupun jenis lain.Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, 21 April 2019.

Dengan rampungnya pembangunan landasan, Budi menyebut YIA sudah bisa dipakai untuk operasional. Menurut rencana, operasional Bandara YIA siap pada pekan depan.

Respon Istana soal Sri Sultan Akui Jokowi Minta Difasilitasi Bertemu Megawati

Dia berharap Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang menjajal penerbangan untuk operasional perdana YIA. "Kita sedang mengusulkan Presiden Jokowi mengadakan penerbangan pertama. Waktunya kita harapkan minggu depan,” katanya.

Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, 21 April 2019.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 10

Kata Jokowi soal Minta Sri Sultan Fasilitasi Pertemuannya dengan Megawati

Presiden Jokowi buka suara soal minta tolongSri Sultan Hamengkubuwono X untuk memfasilitasi bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2024