Muhamad Ali Jadi Plt Dirut PLN Gantikan Sofyan Basir

Dirut PLN Sofyan Basir usai diperiksa KPK, Jumat 28 September 2018
Sumber :
  • VIVA/Edwin

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengumumkan bahwa Dewan Komisaris PT PLN telah menunjuk pengganti sementara Sofyan Basir sebagai Direktur Utama. Dia adalah Muhamad Ali yang dipercaya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN. 

Grab Permudah Mobilisasi Karyawan PLN

Demikian disampaikan Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro. Ia menegaskan pihak Kementerian masih menunggu laporan formal dari Dewan Komisaris atau Dekom PLN. 

"Betul, (ditunjuk) oleh Dekom, dan Kementerian BUMN menunggu laporan formal dewan komisaris," kata Imam kepada VIVA, Kamis 25 April 2019.

Listrik di Lokasi Gempa Pasaman Barat Hidup Lagi

Terkait proses hukum yang sedang dijalani oleh Sofyan Basir, Imam mengatakan bahwa Kementerian menghormati proses yang dijalankan. Ia mengatakan bahwa Dewan Komisaris PLN sejak kemarin telah bergerak cepat dengan pertimbangan kegiatan operasional perusahaan tidak boleh terganggu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kelistrikan. 

Dengan demikian, Imam menegaskan bahwa Dewan Komisaris  PLN telah membuat keputusan untuk menonaktifkan Sofyan Basir sebagai Direktur Utama. Sofyan saat ini sudah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus suap menyuap proyek PLTU-Riau 1. 

Cara Pertamina, PLN dan Pupuk Indonesia Kembangkan Industri Hijau

"Sesuai anggaran dasar, RUPS mempunyai waktu 30 hari untuk melakukan proses pergantiannya (dengan dirut definitif) dan untuk sementara mengangkat Plt Pak Muhamad Ali," kata dia. 

Berdasarkan laman web PLN, Muhamad Ali sebelumnya diketahui menjabat sebagai Direktur Human Capital Management PLN. Sebelum terpilih sebagai direksi PLN, Ali juga pernah bertugas sebagai Koordinator Bisnis Ritel BRI serta Pemimpin Wilayah BRI Yogyakarta. Dia mulai berkarier di BRI sejak 1998.
 

Petugas PLN saat memasang sambungan listrik untuk warga.

Capaian PLN 2021: Pelanggan 82,5 Juta, Rasio Elektrifikasi 99,43%

Jumlah pelanggan PLN sudah mencapai 82,5 juta pelanggan, di mana sebagian besar atau hampir 50 juta adalah pelanggan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022