8 Perusahaan Raih Restu Kemendag Impor Bawang Putih 115,7 Ribu Ton

Panen bawang putih
Sumber :
  • VIVA/Umi Kalsum

VIVA – Kementerian Perdagangan memastikan telah memberikan izin terhadap delapan perusahaan importir swasta, untuk melakukan impor bawang putih sebanyak 115.765 ton dari China

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan, bahwa izin impor tersebut diberikan, demi menjaga stabilitas harga bawang menjelang dan saat Ramadan maupun Idul Fitri 2019.

"Untuk antisipasi Ramadan dan Lebaran, bawang putih saat ini kita sudah mulai keluarkan persetujuan impor terhadap delapan perusahaan sebanyak 115.765 ton," kata dia di Jakarta, Kamis 25 April 2019.

PB KAMI Desak Kementerian Perdagangan Cabut Izin Perusahaan Pembuat Oli Palsu

Dia menekankan, izin impor tersebut akan diberikan kepada delapan perusahaan importir bawang putih itu hingga 31 Desember 2019. Sedangkan untuk waktu memulai impornya, diserahkan sepenuhnya kepada para importir.

Dengan adanya izin impor tersebut, Oke meyakini, harga bawang yang selama ini mengalami kenaikan harga di sejumlah daerah, pada saat jelang Ramadan atau Idul Fitri 2019 harganya bisa kembali normal kembali direntang Rp32-35 ribu per kilogramnya.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Dengan begitu, dia juga menjamin bahwa kebutuhan bawang putih masyarakat bisa terpenuhi, di mana perkiraan konsumsi bawang putih masyarakat secara nasional berada di kisaran 35 ribu ton per bulan, atau 450 ribu ton setahun.

"Dan, para importir ini juga sudah kita ajak bersama untuk bersama mengendalikan harga bawang putih di tingkat masyarakat, dengan target dapat turun sekitar Rp32 ribu sampai Rp35 ribu dalam waktu dekat," tegas dia. (asp)

PB KAMI kembali melakukan aksi penyampaian

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Oli palsu tersebut merugikan produsen oli asli dan merugikan para konsumen pemilik kendaraan bermotor. Sultoni, mendesak agar Kemendag segera melakukan pemeriksaan kembal

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024