Bertemu Xi Jinping di China, JK Sebut RI Siap Bermitra

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden China Xi JInping.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Rakyat China, Xi Jinping di Beijing, Kamis malam waktu setempat, 26 April 2019. Sebelumnya JK telah bertemu Wakil Presiden China, Wang Qishan.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

"Tadi pagi saya sudah melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Wang Qishan," kata JK dalam siaran pers resmi yang diterima.

JK mengatakan, Indonesia berharap kerja sama dalam proyek Belt Road Initiative (BRI) dapat berkesinambungan dan saling menguntungkan. Kerja sama juga memperhatikan aspek lingkungan, alih teknologi, penggunaan tenaga lokal agar tidak muncul instabilitas sosial dan lebih mendorong peran pebisnis daripada peran murni pemerintah.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

"Indonesia siap menjadi mitra Tiongkok dalam pengembangan berbagai kerja sama termasuk melalui kerja sama BRI," ujar JK.

Sementara, Xi Jinping juga menyampaikan bahwa tahun depan Indonesia-China akan merayakan persahabatan yang ke-70 tahun. Karenanya ia mengundang para pengusaha Indonesia untuk mengikuti China Ekspor-Impor Expo 2020.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

Kemudian, terkait dengan defisit perdagangan, presiden Xi Jinping menjanjikan untuk mendorong lebih banyak impor dari Indonesia. Termasuk produk pertanian seperti CPO atau minyak sawit mentah.

"Kita harus bergandengan tangan untuk menghadapinya. Seperti disebutkan dalam pepatah dari Indonesia: ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Saya punya kepercayaan penuh atas hubungan masa depan Indonesia dan Tiongkok," kata Xi Jinping.

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024