Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Pertamina Tambah Stok BBM 15 Persen

Petugas mengisi premium ke dalam sepeda motor di salah satu SPBU di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – PT Pertamina memastikan ketersediaan bahan bakar minyak maupun gas selama perayaan Ramadan dan Idul Fitri 2019 akan terjaga. Hal itu ditujukan dengan melakukan peningkatan stok sebesar 15 persen dari rata-rata stok harian.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

SVP Retail Marketing Business PT Pertamina, Jumali mengatakan, untuk peningkatan stok BBM tersebut disiapkan mulai H-15 hingga H+15. Sementara itu, terkait Elpiji disiapkan mulai H-30 sampai dengan H+15.

Dia menjelaskan, kenaikan itu dilakukan, lantaran konsumsi kedua energi tersebut diperkirakan mengalami peningkatan signifikan yang dipengaruhi oleh kendaraan mudik yang meningkat 13 persen.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

"Pertamina akan siapkan kebutuhan selaras dengan itu. Pertamina siapkan estimasi 15 persen, sehingga kondisinya aman," kata dia, saat konfrensi pers di Jakarta, Senin 29 April 2019.

Di samping itu, dia juga menegaskan, tersambungnya jalur tol Trans Jawa maupun telah dioperasikannya beberapa jalur tol Trans Sumatera, menjadi faktor lain yang utama memengaruhi peningkatan ketersediaan tersebut.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

"Konsekuensinya Pertamina harus sesuaikan pola suplainya dengan kondisi ini. Maka, Pertamina akan melakukan fleksibilitas suplai. Yakni, terminal BBM dari Merak ke Probolinggo akan cukup banyak," tegas dia.

Untuk itu, dia menegaskan, dari stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) secara nasional yang saat ini sebanyak 6.600 SPBU, terdapat tambahan 44 SPBU reguler tol, jalur selatan 519 SPBU, 26 SPBU mobile, 266 motor kemasan, 115 buffer tank dan 26 KiosK Pertamax Kemasan.

"Ini yang akan jadi concern kita, demi memenuhi BBM. Untuk tambah stok kita juga siapkan mobil tangki yang ada di SPBU dalam kondisi penuh, ketika stok menipis kita bongkar truk tangkinya," tegas dia.

Dengan penambahan itu dia memastikan, ketersediaan BBM untuk Jenis Premium akan selama 22 hari, Pertamax 26 hari, Pertalite 25 hari, Solar atau Biosolar 25 hari, Dexlite 43 hari, LPG 16 hari, dan Avtur 42 hari.

"Kita juga kerja sama dengan Waze, bank Himbar ada payment LinkAja, beberapa promo akan kita jalan kan sehingga mempermudah mempercepat mudik. Kalau masih ada kendala, kita siapkan contact center di 135," ujar dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya