Menteri Basuki Bentuk Ditjen Pembiayaan Infrastruktur, Ini Tugasnya

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan kementeriannya kini memiliki unit kerja baru yaitu Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Basuki menjelaskan, ditjen ini dibentuk khusus mengurusi pembiayaan infrastruktur dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Dirjen pembiayaan infrastruktur ini khusus kita desain untuk bisa mengimplementasikan KPBU baik itu di jalan tol, sumber daya air, perumahan, air minum. Jadi semua KPBU ada dalam satu wadah dirjen pembiayaan infrastruktur," kata Basuki di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 29 April 2019.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Ia menambahkan dengan adanya ditjen tersebut maka perlu ada penyesuaian aturan soal kerja sama sinergi antara Direktorat Jenderal Bina Marga, Dirjen Pembiayaan Infrastrukur PU dan Badan Pengelola Jalan Tol. 

"Mungkin agak sedikit ribet tapi kita ingin meng-clear-kan tugas dan tanggungjawabnya. BPJT dan dirjen pembiayaan perumahan mengurusi tentang pengusahaan jalan tol," kata Basuki.

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

Ia menambahkan, teknisnya nanti tetap ada di Ditjen Bina Marga. Di antaranya soal kualitas bangunannya, sistem jaringan jalannya, dan pekerjaan infrastruktur lainnya. 

"Pembiayaan khusus difokuskan pada pembiayaan tarifnya, konsesinya, dana talangannya,” ungkap Basuki. 

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022