Terminal LCC Bandara Soetta Operasi, Begini Penampakannya

Penampakan Terminal Baru Low Cost Carrier di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Meski terdapat di Terminal 2F, Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Terminal Low Cost Carrier (LCC) ini memiliki konsep yang berbeda dengan terminal setempat.

Musim Liburan, Ini Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Harga Terjangkau

Dengan mengusung konsep yang ada di Terminal 3 yakni, Art and Culture serta, Smart Connected Airport. Terminal yang disebut sebagai lokasi penerbangan berbiaya murah itu, sangat cocok dengan para traveler dan kaum milenial.

"Konsepnya memang diambil dari terminal tiga baik itu dari sisi pengamanan ataupun desain bangunan di dalamnya," kata Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang, Rabu, 1 Mei 2019.

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Terminal ini memang nampak seperti di Terminal 3 terutama di bagian dalam. Sementara, untuk bagian depan atau luar dari Terminal LCC itu, tidak mengalami perubahan apapun. Di mana, masih mengikuti gaya arsitektur awal.

Pada pengoperasian perdana itu, tidak banyak kekurangan yang dirasakan, terutama oleh para penumpang. Salah satunya Eva, penumpang yang akan terbang menuju Riau menggunakan maskapai Batik Air. Menurutnya, pelayanan dan fasilitas yang ada di terminal LCC tersebut tidak ada masalah.

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

"Gak ada masalah sih, sejauh ini nyaman-nyaman saja, apalagi ruang tunggunya, nyaman, seperti di terminal 3. Begitu juga pelayanan pun, tidak ada masalah," katanya.

Sementara, terkait dengan pelayanan terutama pengawasan. Pihak Bea Cukai Bandara Soetta menerapkan sistem yang sama seperti di Terminal 3.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Hengky Aritonang mengatakan, tata letak (layout) Terminal 2F atau LCC ini, menyerupai Terminal 3 sehingga memungkinkan untuk menerapkan konsep pengawasan seperti di Terminal 3.

"Konsep pengawasan di Terminal 3 kami coba tarik ke sini semaksimal mungkin. Sehingga, kami harapkan pelayanan dan pengawasan bea cukai tetap optimal," ungkapnya.

Adapun konsep yang akan diterapkan Bea Cukai di Terminal 2F adalah pemisahan jalur pemeriksaan penumpang. Yakni green channel (jalur hijau) dan red channel (jalur merah).

Diketahui, LCCT dirancang untuk penerbangan domestik dan internasional di mana bertujuan mewujudkan target bisnis pariwisata dengan mendatangkan dua juta wisatawan asing ke Indonesia dalam bentuk peningkatan devisa negara serta, memperbaiki bisnis transportasi udara dan pariwisata yang melemah pada awal 2019. 

Saat ini, maskapai yang sudah beroperasi di LCCT yakni, Cebu Pasific, Lion Air Group dan Air Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya