Detik-detik Pesawat Citilink Mendarat Perdana di Bandara NYIA

Detik-detik pesawat Citilink mendarat perdana di Bandara NYIA.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ari Wibowo

VIVA – Bandara New Yogyakarta Internasional Airport dalam beberapa waktu ke depan akan segera dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I. Untuk langkah awal NYIA akan melayani rute Internasional dan beberapa rute domestik.

Terpopuler: Baret Merah Hengki Haryadi, Gus Miftah Bagi-bagi Uang, dan Pilot Citilink Selingkuh

Untuk mengetahui kelaikan dan kesiapan dari Bandara baru pengganti Adisutjipto, Yogyakarta ini, Jumat 3 Mei 2019 dilakukan uji pendaratan pesawat terbang komersial perdana.

Adapun pesawat yang mendarat perdana tersebut adalah maskapai Citilink yang mendarat dengan mulus di landasan pacu baru sepanjang 3.250 meter di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Heboh Kabar Pilot dan Pramugari Selingkuh, Citilink Tak Izinkan Keduanya Terbang

Pesawat berjenis Airbus A320 bernomor registrasi PK-GQQ mendarat dengan mulus setelah sebelumnya menempuh perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng.

Dalam penerbangan itu, diawaki oleh Capten Agus Setiono didampingi oleh Capten Teguh Kristiono dan Capten Ali Impor dengan membawa sebanyak 11 orang kru pesawat dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 60 menit. 

Garuda Indonesia dan Capital A Sepakati Kerja Sama Perluas Jaringan Rute Citilink-AirAsia

Capten Agus Setiono mengungkapkan, dalam pendataran yang dilakukan di Bandara NYIA sangat mulus dan tidak ada kendala apapun, terlebih kondisi cuaca yang cerah dan bersahabat.

Menurut dia, landasan pacu sepanjang 3.250 meter tersebut bertaraf internasional, sehingga mempermudah pesawat komersil seperti A320 mendarat dengan baik.

"Pendaratan ini merupakan bagian dari proving flight atau uji coba operasional, guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru," jelas Agus.

Perlu diketahui, maskapai Citilink yang merupakan group dari maskapai Garuda Indonesia direncanakan bakal mengoperasikan pesawatnya secara komersil di bandara baru ini pada 6 Mei 2019 nanti.

Sementara itu, Juru Bicara Proyek Bandara NYIA, Agus Panda Purnama mengatakan sangat lega sekaligus bangga atas pendaratan perdana pesawat Citilink di Bandara Yogyakarta Internasional Airport.

Apalagi, lanjut dia, pilot mengatakan bahwa proses approaching hingga touchdown dan parkir pesawat berjalan dengan mulus karena landasan pacu yang berkelas internasional.

"Dengan uji coba ini ditargetkan pada 6 Mei 2019, Bandara Yogyakarta Internasional Airport siap beroperasi dan menunggu kepastian maskapai lainnya seperti Lion Air dan Batik Air yang menunggu surat dari Kemenhub," ujarnya.

Kontributor tvOne: Ari Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya