Hingga Awal Mei, Aliran Modal Asing Masuk ke RI Mencapai Rp131 Triliun

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Bank Indonesia, mencatatkan aliran modal asing deras masuk ke Indonesia. Hingga 2 Mei 2019, aliran modal asing yang masuk sejak awal tahun ini telah mencapai Rp131 triliun secara year to date atau selama 2019.

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan, besaran aliran modal tersebut terdiri dari dari dana yang masuk ke pasar Surat Berharga Negara atau SBN sebesar Rp66,3 triliun dan ke pasar saham sebesar Rp66,1 triliun. 

"Kalau kita bandingkan SBN year to date sudah melebihi keseluruhan 2018 yang saat itu Rp57,1 triliun. Ini menunjukkan suatu confident investor terhadap perekonomian Indonesia dan menariknya imbal hasil portofolio di Indonesia," katanya di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat 31 Mei 2019.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Dia menjelaskan, aliran modal ke saham yang sebesar Rp66,1 triliun itu telah meningkat besar, lantaran tahun lalu terjadi net outflow atau keluarnya modal asing mencapai sebesar Rp51,9 triliun di pasar saham.

Dijelaskannya, pemicu utama derasnya aliran modal asing ke pasar saham pada tahun ini dikarenakan adanya aliran modal asing yang masuk ke sebuah bank mencapai Rp50,1 triliun. Meski begitu, Perry enggan mengungkapkan nama bank tersebut.

ASEAN-BAC: Thailand Jadi Contoh yang Berhasil Memanfaatkan Potensi Investasi Asing di ASEAN

"Memang adanya realisasi investasi di sebuah bank nilainya cukup besar dan mulai direalisasikan dan tercatat di jumlah realisasi saham tadi. Realisasi akuisisi sebuah bank oleh bank yang lain," tegas dia.

Jika dibandingkan catatan April 2019, aliran modal asing secara year to date hanya sebesar Rp89,23 miliar. Artinya, aliran modal asing yang masuk dari April hingga 2 Mei 2019 mencapai sekitar Rp41,87 triliun.

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024