Pertamina: Konsumsi Elpiji Naik 15 Persen Selama Ramadan

Stok Persediaan Tabung Gas Elpiji Jelang Ramadan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan permintaan Elpiji (LPG) selama Ramadan 2019 yang diperkirakan naik sebesar 15 persen dari rata-rata kebutuhan normal masyarakat. Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan pangkalan siaga.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina, Dewi Sri Utami mengatakan, pangkalan siaga tersebut saat ini telah disiapkan Pertamina MOR III supaya dapat melayani kebutuhan LPG masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Kami memprediksi selama bulan puasa hingga lebaran nanti, konsumsi LPG akan naik seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat di bulan suci ini, kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG,” katanya seperti dikutip dari siaran pers, Rabu, 8 Mei 2019.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Dia menjabarkan, Pertamina MOR III yang telah memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, telah menyiapkan sebanyak 30.236 pangkalan LPG siaga, serta 1165 agen LPG PSO dan 183 agen LPG NPSO siaga di wilayah Jawa Bagian Barat sejak memasuki bulan Ramadhan tahun ini. 

Dewi menambahkan, selain kesiapan agen dan pangkalan siaga, Pertamina MOR III juga menyiapkan 388 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Kantong atau skid tank dengan total kapasitas 5775 MT untuk siaga di wilayah Jawa Bagian Barat.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Apabila diperlukan, lanjut Dewi, pihaknya telah menyiagakan pula pasokan fakultatif, yakni pasokan tambahan yang sewaktu-waktu dilakukan sesuai kebutuhan. Masyarakat juga bisa mendapatkan LPG non subsidi seperti Bright Gas dan Elpiji 12 kg di outlet seperti minimarket modern, Bright Home Service, dan di sejumlah SPBU.

“Kami menghimbau masyarakat yang tergolong mampu menggunakan Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 kg, dan Elpiji 12 Kg di beberapa outlet dan SPBU sehingga penggunaaan LPG 3 Kg benar-benar tepat sasaran.” (mus)

SPBU di Jakarta Timur

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Pertamina Pertalite merupakan salah satu jenis bahan bakar minyak atau BBM, yang disubsidi oleh pemerintah Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024