Pemerintah Resmi Buka Lelang Blok Migas Tahap II 2019, Ini Rinciannya

Pemerintah buka lelang migas tahap II 2019.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah resmi membuka lelang blok migas konvensional tahap II 2019 hari ini. Ada empat wilayah kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi yang ditawarkan pada kesempatan kali ini lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto mengatakan, empat blok yang dilelang secara reguler tersebut terdiri dari tiga WK Eksplorasi yaitu Blok Kutai, Blok Bone dan Blok West Ganal. Sedangkan, satu lagi adalah WK Eks Produksi yaitu Blok West Kampar. 

Djoko mengatakan, dua di antaranya itu adalah WK Migas yang tidak laku pada lelang tahap I 2019 yaitu Blok West Ganal dan Blok West Kampar. Sementara itu, Blok Kutai dan Blok Bone adalah Blok yang baru dilelang. 

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

"Sesuai janji pemerintah, hari ini kita melelang ulang wilayah kerja yang gagal ada pemenangnya, dan kita menambah WK baru yang kita lelang hari ini," ujar Djoko di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 8 Mei 2019. 

Dia mengatakan, dengan penawaran WK migas tahap II tahun 2019 ini potensi signature bonus alias bonus tanda tangan yang akan diterima Pemerintah sebesar US$39 juta. Seluruh Wilayah Kerja tersebut ditawarkan dengan mekanisme lelang reguler dan menggunakan skema Kontrak PSC Gross Split sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 52 Tahun 2017. 

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pemerintah, lanjut Djoko, mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi untuk berpartisipasi. Beberapa syaratnya antara lain, memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum komitmen kerja pasti lima tahun atau komitmen pasti eksplorasi. 

Lalu, badan usaha juga harus memenuhi syarat dan ketentuan pokok lelang wilayah kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi. 

Lelang ini, dimulai dengan akses bid document sejak 8 Mei 2019 sampai 31 Juni 2019, lalu jadwal forum klarifikasi pada 13 Mei sampai 2 Agustus 2019 dan penyerahan dokumen partisipasi pada 31 Juli sampai 5 Agustus 2019.

"Lelang kali ini tetap diberlakukan pembebasan akses data bagi para peserta lelang untuk akses bid document," imbuh Djoko. Berikut rincian empat WK Migas dalam lelang blok migas tahap II 2019 : 

Blok eksplorasi

1. Blok Kutai
- Lokasi: Offshore Kalimantan Timur
- Minimal signature bonus: US$2,5 juta
- Minimal komitmen pasti tiga tahun pertama: 
studi G&G, Seismik 3D 1.000 Km persengi

2. Blok Bone
- Lokasi: Offshore Sulawesi Selatan
- Minimal signature bonus: US$2,5 juta
- Minimal komitmen pasti tiga tahun pertama: Studi G&G, Seismik 3D 500 Km persegi

3. Blok West Ganal
- Lokasi : Offshore Makassar Strait
- Minimal signature bonus: US$29 juta
- Minimal komitmen pasti tiga tahun pertama: Studi G&G, Seismik 2D 600 Km, seismik 3D 600 Km persengi, pemboran 4 sumur eksplorasi, dan Total anggaran senilai US$151.840.000 

Blok eks produksi

1. West Kampar
- Lokasi : Daratan Riau & Sumatera Utara
- Minimal signature bonus: US$5 juta
- Minimal Komitmen Kerja Pasti Lima Tahun: Studi G&G, 6 Sumur Eksplorasi, Seismik 2D 500, dan Seismik 3D 200 Km persegi, dan total anggaran senilai US$ 64.433.080

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya