Logo WARTAEKONOMI

Cuma Lulusan SMA? Tenang, 8 Karier Ini Bisa Bikin Kamu Sukses

Cuma Lulusan SMA? Tenang, 8 Karier Ini Bisa Bikin Kamu Sukses. (FOTO: Unsplash/Stefan)
Cuma Lulusan SMA? Tenang, 8 Karier Ini Bisa Bikin Kamu Sukses. (FOTO: Unsplash/Stefan)
Sumber :
  • wartaekonomi

Bagi Anda lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, yang memiliki cita-cita tertentu, melanjutkan ke jenjang perkuliahan bisa jadi pilihan terbaik. Namun, bagi Anda yang ingin segera mencari penghasilan pun tidak masalah.

Masalahnya adalah seringkali para lulusan SMA kurang percaya diri akan kemampuan mereka atau bahkan bingung menentukan jenis pekerjaan yang akan mereka lamar. Sebelum Anda makin cemas akan masa depan, berikut ini delapan rekomendasi jenis pekerjaan yang bisa dilirik oleh alumnus SMA menurut Line Jobs.

1. Customer Service

Sebenarnya tidak hanya lulusan SMA, banyak lulusan akademi atau perguruan tinggi yang juga melamar sebagai customer service. Profesi ini bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat. Seorang customer service harus tahan menghadapi berbagai keluhan pelanggan dan mesti mampu menjelaskan penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan hingga mereka mengerti.

Selain itu, customer service biasanya menjalankan tugasnya sebagai penerima tamu dan komunikator serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

2. Sales Marketing