Harga Bawang Putih di Banda Aceh Naik, Rp100 Ribu per Kilogram

Bawang Putih.
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id

VIVA – Harga komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kota Banda Aceh, Aceh, terus merangkak naik. Pedagang mulai kelabakan hingga kekurangan stok bawang.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Keterangan yang dihimpun dari pedagang, kenaikan harga bawang putih terjadi secara masif dua hari menjelang Ramadan atau pekan lalu. Saat ini, harganya sudah mencapai Rp100 ribu per kilogram.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Peunayong, Burhanudin (43) menyebutkan, sepekan jelang Ramadan harga bawang putih masih di kisaran Rp50 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut memicu berkurangnya ketersediaan bawang putih di pasaran saat ini.

Partai Aceh Usung Mantan Panglima GAM Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024

Sebab, stok bawang putih di Aceh dipasok dari Sumatera Utara. Bahkan, beberapa pedagang di Pasar Peunayong, memilih untuk tidak berjualan komoditas tersebut sambil menunggu harga normal kembali.

Bukan hanya pedagang, pembeli bawang putih juga ikut mengeluh akibat kenaikan ini. “Pembeli pun banyak kaget dan mengeluh, kok mahal, stok kita juga menipis. Soal harga memang udah dari sananya,” kata Burhanudin kepada VIVA, Kamis 9 Mei 2019.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Pantauan VIVA, hanya beberapa pedagang yang masih menjual bawang putih di Pasar Peunayong. Sementara itu, pedagang lainnya enggan menjual, karena harganya yang meroket dan kekurangan stok.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh, Nasri tak menampik, jika harga bawang melonjak sejak sepekan terakhir.

Bahkan, menurut dia, awal puasa lalu harga bawang putih mencapai Rp110 ribu per kilogram di tingkat pedagang grosir dari Rp50 ribu per kilogram pada pekan lalu, di Pasar Induk Lambaro.

Akibatnya, kata dia, sempat terjadi kelangkaan bawang putih di sejumlah pasar tradisional. Sebab, mayoritas pedagang tidak menjual komoditas tersebut. 

Informasi yang diperoleh pihaknya, pada pekan ini, Bulog akan mengimpor bawang putih, khusus Aceh mendapat jatah 10 ton.

“Informasi dari Bulog akan masuk bawang putih impor. Khusus di Aceh sampai 10 ton untuk menekan harga selama Ramadan dan hari besar Idul Fitri,” ujar Nasri saat dikonfirmasi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya