Kemendag Gelar Operasi Pasar Bawang Putih di Berbagai Daerah

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti mengatakan, sejak 18 April 2019, pihaknya telah menggelar operasi pasar bawang putih di sejumlah daerah.

Harga Gula Konsumsi Naik, Operasi Pasar Gelontorkan Puluhan Ribu Ton

Daerah-daerah tersebut misalnya seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Jambi, dan Riau.

"Selain itu, operasi pasar bawang putih ini juga akan dijadwalkan di beberapa daerah lainnya," kata Tjahya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Jumat 10 Mei 2019.

Operasi Pasar, Kemendag Gandeng Pelaku Usaha dan Satgas Pangan

Hingga 7 Mei 2019, Tjahya mengaku bahwa sebanyak 375,8 ton bawang putih telah digelontorkan di 13 provinsi tersebut, dan mampu memberikan dampak yang positif berupa penurunan harga komoditas itu.

Hingga saat ini, lanjut Tjahya, operasi pasar itu juga masih berlangsung di wilayah Bandung, dengan jumlah bawang putih yang digelontorkan yakni sebanyak empat ton.

Ridwan Kamil Gelar Operasi Pasar, Harga Bawang Putih Rp28 Ribu per Kg

Bawang putih itu dijual dengan harga Rp30 ribu per kilogram di tingkat konsumen. Tjahya memastikan, pihaknya akan terus menggelar operasi pasar semacam ini hingga harga bawang putih kembali stabil di pasaran.

"Operasi pasar yang dilakukan dan pasokan bawang putih yang melimpah dalam waktu dekat, kita harapkan akan mampu menurunkan harga komoditas tersebut di bulan puasa ini," ujarnya.

Pedagang daging sapi

Harga Daging Sapi Naik, PD Dharma Jaya Siap Bantu Operasi Pasar

PD Dharma Jaya siap membantu Pemprov DKI Jakarta untuk menjaga stabilisasi harga daging sapi yang naik.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2021