Petani Garam di Bima NTB Keluhkan Harga Merosot Usai Panen

Tambak garam di Desa Talibiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, NTB
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar

VIVA – Panen garam tahun ini menjadi terburuk bagi petani garam di Desa Talibiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Harga garam musim ini merosot tajam.

Seribu Ton Beras Impor Masuk Pulau Sumbawa, Anggota DPR: Mencekik Petani

Seorang petani garam, Dae Ediwan, mengatakan pada musim panen ini, pengepul hanya mampu membeli seharga Rp20 ribu dengan isi 55 kilo setiap karung.

"Kondisi ini berbeda dengan nilai jual garam yang biasa dibeli seharga Rp35 ribu dan bisa sampai dengan Rp40 ribu per karung," ujarnya saat dihubungi, Minggu 12 Mei 2019.

Pemerintah Naikkan HPP Gabah dan Beras Sampai 30 Juni 2024

Dae mengaku sebagai warga setempat sangat menggantungkan hidup menjadi petani garam. Sehingga dia sangat terpukul jika harga garam merosot. "Merosotnya harga garam sudah pasti saya hanya mendapat harga capeknya saja," katanya.

Dia menuturkan, harga garam saat ini hanya mampu dibeli oleh pengepul yang biasa mengambil garam seperti PT Budi Yono, dengan harga paling tinggi Rp10 ribu.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

"Saya harap pihak pemerintah daerah bisa membantu para petani  garam di Desa Talibiu, di mana usaha ini merupakan komoditas utama dalam menetapkan profesi di dalam hidupnya," jelasnya.

Dae dan petani garam lainnya berharap pemerintah dapat menambah pabrik garam di Bima, sehingga ada persaingan pasar yang sehat. Petani garam tidak dimonopoli oleh satu perusahaan. (ren)

BPS Sumsel rilis Nilai Tukar Petani (NTP)

BPS Sumsel Rilis Nilai Tukar Petani, Naik 2,97 Persen pada Maret

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel merilis Nilai Tukar Petani (NTP) pada bulan Maret 2024. Hasilnya naik 2,97 persen.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024