PLN Janji Pasokan Listrik Tak Byar Pet Saat Lebaran

Petugas PLN memeriksa meteran listrik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan pihaknya siap memenuhi kebutuhan pasokan listrik untuk Lebaran tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Tengah, Amir Rosidin usai menghadiri penandatanganan kerja sama penyediaan pasokan listrik untuk kawasan Pelabuhan Patimban di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat. 

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

"Kami siap," kata Amir Rosidin, Senin, 13 Mei 2019.

Ia menambahkan, kesiapan PT PLN memenuhi kebutuhan listrik di seluruh Indonesia pada Lebaran tahun ini sudah dipersiapkan sejak Maret lalu. Hal itu bersamaan dengan kewajiban PLN memenuhi pasokan listrik selama pemilu.

ESDM Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman, PLN Siapkan 2.766 Posko Siaga

Menurut dia, hal itu beruntun sejak pemilu yang diamankan PLN dari TPS, Kecamatan hingga ke KPU Pusat yang akan selesai pada 22 Mei 2019 nanti. Kemudian berlanjut hingga Lebaran.

"Pemilu itu kan sampai tanggal 22 Mei selesai. Nah ini sekarang lanjut lagi, piket untuk Lebaran. Jadi sebenarnya itu kita berkesinambungan," ujarnya.

PLN Siapkan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik saat Nataru

Selain itu, lanjut Amir, PT PLN juga akan menyiapkan pasokan listrik untuk rest area seluruh jalan tol yang akan melayani arus mudik Lebaran tahun ini. 

"Karena kan juga banyak jalan tol baru beroperasi. Nah itu kita siapkan juga listrik. Semoga pas ada mudik ini, pemudik nyaman dengan adanya listrik ini," katanya.

Ia juga menjelaskan, kebutuhan listrik untuk Lebaran biasanya turun drastis hingga 40 persen dari kebutuhan biasanya. Hal itu disebabkan kebutuhan sektor industri selama libur Lebaran akan berkurang dari kebutuhan biasanya.

"Saya kira akan turun jadi kita enggak khawatir kekurangan daya. Tapi pembangkit kita siap di standby kan," kata Amir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya