Ramadan, Pertamina Permudah Akses Masyarakat Dapatkan LPG 3 Kg

Pekerja menyusun tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran tiga kilogram
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – PT Pertamina Marketing Operation Region III menyatakan, untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan LPG, Pertamina bekerja sama dengan pemda dan Hiswana Migas. Kerja sama itu di antaranya dilakukan melalui kegiatan bazar murah yang menjual bahan kebutuhan pokok serta LPG 3 kilogram di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Jaga Ketersediaan di Lebaran, Pertamina Tambah 164.640 LPG 3 Kg untuk Situbondo dan Banyuwangi

Pertamina MOR III juga telah menyiagakan 120 pangkalan LPG PSO (Public Service Obligation/subsidi) 3 kg yang beroperasi 24 jam, dari total 432 pangkalan LPG di wilayah Kabupaten Purwakarta. 

Seluruh pangkalan LPG Pertamina menerapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) di berdasarkan SK Bupati setempat sebesar Rp16.500 per tabung. Data tersebut termasuk 25 SPBU yang juga ditunjuk sebagai pangkalan LPG. 

Pabrik LPG di Tangerang Meledak, 3 Karyawan Jadi Korban

Selain pangkalan LPG, Pertamina mengoperasikan 12 Agen PSO Siaga dan 5 Agen Non PSO Siaga. 

Unit Manager Communication and CSR MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, sejak memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, rantai distribusi LPG resmi Pertamina yakni agen dan pangkalan telah disiagakan sejak hari pertama bulan Ramadan. 

Pertamina Proyeksi Kuota Subsidi LPG 3 Kg pada 2023 Bakal Jebol

"Kami memprediksi pada dua minggu pertama bulan puasa, dan menjelang Lebaran, konsumsi LPG khususnya 3 kg naik seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat," ujar Dewi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Selasa 14 Mei 2019.

Bahkan pada awal Mei, konsumsi harian di Purwakarta, Subang, dan Karawang (Purwasuka) meningkat hingga mencapai 9 persen. "Untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat di bulan suci ini, kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG, khususnya area Purwasuka," tuturnya.

Dewi mengimbau kepada masyarakat agar membeli LPG di agen dan pangkalan, sehingga bisa mendapatkan harga sesuai HET di wilayah setempat. 

HET LPG 3 kg di wilayah Purwakarta berdasarkan SK Bupati adalah Rp16.500 per tabung. 
Sementara itu, HET di Kabupaten Subang yaitu Rp16.000 per tabung dan Karawang Rp16.000 per tabung. "HET ditentukan berdasarkan SK Bupati setempat dan diterapkan di seluruh pangkalan dan agen resmi Pertamina," kata Dewi.

Terkait bazar, dilaksanakan mulai hari ini, 14 Mei hingga 24 Mei 2019, di sejumlah lapangan kecamatan di Purwakarta.

Yakni, pada 14 Mei di Kecamatan Purwakarta, 15 Mei di Kecamatan Pasawahan, 16 Mei di Kecamatan Jatiluhur, dan 17 Mei di Kecamatan Sukatani. Selanjutnya pada 21 Mei di Kecamatan Plered, 22 Mei di Kecamatan Tegalwaru, 23 Mei di Kecamatan Darangdan, dan 24 Mei di Kecamatan Bojong.

Dalam bazar tersebut, Pertamina juga menyediakan LPG non subsidi seperti Bright Gas dan Elpiji 12 kg. 

“Kami mengimbau masyarakat yang tergolong ekonomi mampu untuk menggunakan Bright Gas 5,5 kg, Bright Gas 12 kg, dan Elpiji 12 kg, sehingga penggunaan LPG 3 kg benar-benar tepat sasaran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya