Tarik Ulur Perundingan Dagang AS-China Buat Harga Emas Stagnan

Koin dan batangan emas. (CNBC)
Sumber :

VIVA – Harga emas internasional tak bergerak atau stabil pada perdagangan Kamis pagi. Hal itu disebabkan, adanya tarik ulur pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Dilansir dari CNBC, pada Kamis 16 Mei 2019, harga emas di pasar spot tak bergerak atau stabil di level US$1.295,84 per ons. Sedangkan emas berjangka AS, naik 0,1 persen ke level US$1.296,9 per ons. 

Hari ini saham Asia, menguat di tengah berita bahwa Presiden AS, Donald Trump berencana menunda tarif impor mobil. Hal itu untuk memberikan bantuan untuk pasar yang dihantam ketegangan perdagangan AS-China.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Dalam pernyataannya, Trump diperkirakan menunda keputusan pengenaan tarif pada impor mobil dan suku cadang impor hingga enam bulan ke depan. Hal itu diakuinya, untuk menghindari pertempuran dalam perdagangan dunia.

Sementara itu, Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin pada Rabu lalu mengatakan bahwa dia kemungkinan akan melakukan perjalanan ke Beijing, untuk melanjutkan negosiasi dengan China.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Upaya itu, dilakukan untuk menyelamatkan pembicaraan dua negara ekonomi terbesar dunia terhadap perundingan dagang dan segera mengakhiri perang dagang yang sudah terjadi berbulan-bulan lamanya. 

Sebelumnya, atas kebijakan Trump yang mengenakan tarif kepada China, raksasa telekomunikasi China, Huawei mendapatkan sanksi berat, sehingga menciptakan kemarahan baru, serta berikan ekspektasi negatif ke pasar.

Emas Domestik

Sementara itu, untuk harga emas dalam negeri produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam), Kamis 16 Mei 2019, dibanderol seharga Rp669 ribu per gram. Harga itu tidak bergerak dibandingkan perdagangan kemarin. 

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, pembelian kembali atau buyback ditetapkan seharga Rp592 ribu per gram atau tak bergerak dibandingkan perdagangan kemarin. 

Adapun harga emas berdasarkan ukuran di antaranya, emas lima gram Rp3,16 juta, 10 gram Rp6,26 juta, 25 gram Rp15,55 juta, dan 50 gram Rp31,03 juta. Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp62 juta, 250 gram Rp154,75 juta, dan emas 500 gram Rp309,3 juta.

Dan, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp359 ribu dan 1.000 gram sebesar Rp618,6 juta.

Selanjutnya, produk Batik all series, ukuran 10 gram dan 20 gram dipatok masing-masing Rp6,93 juta dan Rp13,31 juta.

Adapun untuk pembelian emas hari ini, Antam mencatat untuk ukuran 250 gram, 500 gram dan 1.000 gram tidak tersedia. Sementara itu, untuk emas tiga gram hanya tersedia di butik logam mulia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya