Mulai 23 Mei Pintu Tol Cikarang Utama Tak Beroperasi

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Pengoperasian Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) akan mulai dihentikan pada 23 Mei 2019. Hal tersebut dilakukan oleh PT Jasa Marga sebagai upaya mengantisipasi kemacetan pada mudik Lebaran 2019 nanti.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

"Rencananya mulai 23 Mei akan mulai tidak ada lagi transaksi. Pembongkaran belum dilakukan. Hanya dipasang spanduk, bertuliskan jalan terus tidak ada transaksi," kata Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Marga, Dessy Arryani di Hotel Crown Plaza, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Mei 2019.

Dessy menuturkan, GT Cikarut yang berada di KM 29, akan direlokasi ke GT Cikampek Utama KM 70 dan GT Kalihurip Utama KM 67. Dengan demikian arus kendaraan bisa terurai di dua GT tersebut dan meminimalisir kemacetan.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

"Jadi traffic-nya akan terbagi di dua GT tersebut. Kendaraan yang dari GT Cikampek, terbagi ke jalur Timur yaitu Tol Transjawa. Sedangkan dari GT Kalihurip Utama terbagi ke jalur selatan," ujarnya.

Desi menyebut bahwa selama ini di GT Cikarut terdapat 70.000-an transaksi. Dengan sebanyak 31 gate. Sedangan di GT Cikampek Utama 21 gate dan GT Kalihurip sebanyak 22 gate.

Menteri Muhadjir Blak-blakan soal Tol Gratis dan Diskon saat Mudik Lebaran

"Jika diterapkan one way maka gate bisa menjadi dua kali lipat. Artinya bisa meminimalisir kemacetan. Teorinya kan volume dibagi kapasitas. Ini bisa mengurangi sampai 60 persen," katanya. (ase)

Tol Cikupa Tangerang-Merak

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Berbagai persiapan dilakukan operator Jalan Tol Tangerang Merak untuk menyambut 3,5 juta kendaraan yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Jumlah tersebut naik 3,6

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024