Logo WARTAEKONOMI

Gaji CEO Perusahaan Dunia dari Terendah Hingga Tertinggi

Gaji CEO Perusahaan Dunia dari yang Terendah Hingga Tertinggi. (FOTO: Unsplash/Sharon Mccutcheo)
Gaji CEO Perusahaan Dunia dari yang Terendah Hingga Tertinggi. (FOTO: Unsplash/Sharon Mccutcheo)
Sumber :
  • wartaekonomi

Banyak orang berpikiran bahwa menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) di perusahaan dunia pasti memiliki gaji yang besar jumlahnya. Pernyataan itu tak melulu benar, mengapa demikian?

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, gaji seorang CEO sangatlah bervariasi. Di tahun 2018, CEO dengan bayaran tertinggi menghasilkan $129,4 juta dan bayaran terendah ada di angka $1. Dari angka tersebut, rata-rata gaji CEO pada tahun 2018 sebesar $12,4 juta.

Mengutip dari CNBC Make It (17/5/2019), David M. Zaslav merupakan CEO yang mendapatkan gaji paling besar tahun lalu, yakni sebesar $129,4 juta. Gaji tersebut berasal dari opsi saham.

CEO bayaran tertinggi kedua pada 2018 adalah Stephen F. Angel dari perusahaan gas industri yang berbasis di Munich, Linde, yang dibayar dengan jumlah $66,1 juta.

CEO Walt Disney Company Robert Iger dibayar $65,6 juta, menjadikannya CEO S&P 500 dengan bayaran tertinggi ketiga tahun lalu. Peningkatan bayaran Iger sebagian besar merupakan hasil dari kenaikan gaji untuk memperpanjang masa jabatannya di Disney hingga tahun 2021, serta penghargaan saham.

Dari CEO wanita, nama Mary T. Barra, CEO dari General Motors yang mencetak rekor mendapatkan gaji tertinggi di 2018, yakni sebesar $21,9 juta.

Namun, sayangnya tak semua CEO perusahaan mendapatkan gaji yang tinggi. Analisis Wall Street Journal menemukan bahwa 23 CEO di S&P 500 menghasilkan kurang dari $5 juta tahun lalu, empat CEO menghasilkan kurang dari $1 juta dan dua orang masing-masing mendapatkan gaji $1.