Menhub Ungkap Pemudik Transportasi Laut Meningkat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, transportasi laut saat arus mudik 2019 ini banyak diminati masyarakat. Hal itu salah satunya, karena faktor adanya acara mudik gratis.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

"Laut lumayan ada satu perkembangan, ditandai dengan mudik gratisnya laku banget gitu. Jadi, kami mengadakan mudik gratis di beberapa tempat," kata Budi di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 20 Mei 2019.

Menhub menyebut kuota tiket transportasi laut itu sudah habis atau sold out. Karena itu, kemudian ada toleransi tambahan penumpang hingga 30 persen.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Jadi, kami menganalisa berapa toleransi yang bisa kita berikan kepada Pelni, kira-kira 20-30 persen tambahan. Tapi tanpa tempat duduk, itu kita sudah berikan," ucap Budi.

Penumpang terbanyak menurutnya adalah yang berasal dari Makassar. Kemudian, juga kota-kota yang ada di pulau Kalimantan seperti Dumai, Sampit, Pontianak, dan Samarinda.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Penumpang rata-rata di atas 10 ribu semua. Oleh karena itu hari Minggu saya akan ke sana, saya akan memastikan bahwa operasi daripada kapal di sana dengan baik," katanya.

Mengenai apakah peningkatan penumpang laut itu karena mahalnya tiket pesawat, dia hanya menjawab peminat transportasi laut memang naik. Meskipun, angkanya tidak banyak.

"Jumlahnya biasanya naiknya tiga persen. Kemungkinan dengan sekarang ini tiket sudah sold out semua, besar kemungkinan itu lebih dari 6-7 persen tahun ini," kata Budi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya