Logo WARTAEKONOMI

Begini Tips Bikin Konsumen Bisnis Makanan Setia

Begini 3 Kunci Ikat Konsumen Sektor Makanan. (FOTO: Unsplash/Eaters)
Begini 3 Kunci Ikat Konsumen Sektor Makanan. (FOTO: Unsplash/Eaters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Dengan banyaknya pemain, pasar bisnis penjualan makanan semakin kompetitif. Merek makanan berupaya menemukan cara untuk memenuhi permintaan konsumen yang dinamis. Sebagai referensi, ada tiga tren penting dalam perilaku konsumen di sektor makanan yang ditemukan oleh.

Hasil riset Facebook menunjukkan, platform media sosial menjadi salah satu panduan pecinta kuliner untuk menemukan menu makanan yang baru untuk konsumen di usia 18-34 tahun. Mayoritas dari total 1.709 responden riset itu menemukan ide resep baru lewat media sosial.

"84% pembeli makanan di usia 18-34 tahun mengatakan, mereka membeli produk makanan setelah melihat posting-an medsos," tulis Facebook dalam hasil riset yang Warta Ekonomi terima, Senin (20/5/2019).

Pelaku pemasaran dari berbagai merek makanan perlu menyikapi perubahan semacam itu. Dari hasil risetnya, Facebook menyarankan tiga langkah berikut untuk para pebisnis di sektor makanan Indonesia.

1. Memahami perbedaaan kebutuhan pelanggan

Tidak hanya pencarian informasinya, proses pembelian makanan pun mengalami pergeseran dengan naiknya pamor layanan pesan-antar ojek daring. Buktinya, 57% responden melakukan pembelian makanan melalui ponsel pintar atau tablet.

Mengapa demikian? Sebab 68% responden riset tersebut menganggap waktu lebih berharga daripada uang. Oleh sebab itu, pelaku pemasaran dari masing-masing merek harus memahami perbedaan kebutuhan tersebut.