Tiket Pesawat Mahal, Bandara Palembang II Rugi Rp3 Miliar

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Melambungnya harga tiket pesawat sejak Ramadan 2019, berdampak terhadap penurunan jumlah penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin atau SMB II Palembang. Imbasnya, Bandara SMB II merugi hingga Rp3 miliar per bulan.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Excecutive General Manager PT Angkasa Pura II, Fahroji mengatakan, sebelum harga tiket pesawat naik, jumlah penumpang mencapai 12.000 hingga 15.000 orang per hari. Namun, kini jumlah penumpang menurun drastis hingga 6.000 orang saja per hari.

"Terlebih, selama Ramadan ini, tingkat penumpang turun drastis. Kami kehilangan hampir 20 persen jumlah penumpang," kata Fahroji, Selasa 21 Mei 2019.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Dia mengaku pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Sebab, kenaikan harga tiket menjadi domain masing-masing maskapai penerbangan. "Kami tidak bisa berbuat banyak, terkait kondisi ini karena harga tiket itu kewenangan maskapai," ujarnya.

Dia berharap, kiranya tiket pesawat tersebut turun hingga 15 persen, sehingga mampu membangkitkan kembali minat pengguna pesawat. Apalagi, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, penurunan harga tiket sangat ditunggu-tunggu masyarakat.

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Sementara itu, untuk persiapan arus mudik, saat ini pihaknya telah melakukan ramp cek di daerah airsave sebagai pendukung kelayakan pesawat udara. Selain itu, pihaknya juga meningkatkan pengamanan dan kenyamanan pengguna pesawat.

Pihaknya mengerahkan anjing pelacak di kawasan kargo untuk mendeteksi bahan berbahaya seperti peledak, narkoba, dan lain sebagainya.

"Posko mudik ini baru akan dibuka pada H-7 hingga H+7 mendatang dengan berkoordinasi dengan pihak terkait lainya," ungkap Fahroji. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya