Logo WARTAEKONOMI

Sosok Pengusaha yang Bayar Pajak Hingga Rp5 Miliar Per Hari

Ini Dia Sosok Pengusaha yang Bayar Pajak Hingga Rp5 Miliar Per Hari. (FOTO: Pinterest)
Ini Dia Sosok Pengusaha yang Bayar Pajak Hingga Rp5 Miliar Per Hari. (FOTO: Pinterest)
Sumber :
  • wartaekonomi

Stephen Rubin adalah pengusaha asal Inggris yang tercatat membayar pajak terbesar di negaranya tersebut, yakni sebesar 181 juta poundsterling atau setara Rp3 triliun setiap tahunnya.

Mengutip dari Thisismoney.co.uk, jika dihitung per harinya, Stephen membayar 500.000 poundsterling atau setara Rp5 miliar setiap harinya ke kas negara.

Siapa sosok Stephen sebenarnya?

Stephen adalah anak dari pasangan imigran Eropa Timur, Berko dan Minnie. Kedua orang tuanya yang membuat Stephen jadi seorang pengusaha besar di industri pakaian olahraga hingga saat ini.

Liverpool Shoe Company merupakan perusahaan milik keluarganya yang dibangun sejak 1930-an dengan modal awal sebesar 100 poundsterling atau sekitar Rp1 juta. Empat tahun kemudian, Liverpool Shoe Company sukses dengan banyak cabang yang telah dibuka dan pesanan yang membludak. Ia kemudian memutuskan untuk membuka perusahaan tersebut kepada publik tepatnya pada 1964.

Namun, memasuki tahun 1970, ayahnya wafat. Akhirnya, Stephen menggantikan posisinya sebagai chairman. Setelah itu, Stephen mengganti Liverpool Shoe Company menjadi Pentland Group dan mengembangkan bisnisnya hingga Hong Kong.

Walaupun perkembangan Pentland lambat, namun kondisi perusahaan warisan ayah Stephen ini tetap stabil. Akhirnya, di tahun 1981 Reebok mulai mendekati Pentland. Stephen membeli 55% saham Reebok seharga £77.500 atau sekitar Rp1 miliar.