Minat Warga Naik Pesawat untuk Mudik Lebaran 2019 Turun 2,11 Persen

DirjenPerhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengecek pesawat di Bandara Soetta
Sumber :

VIVA – Kementerian Perhubungan memperkirakan, minat masyarakat untuk mudik Lebaran pada 2019 menggunakan angkutan udara atau pesawat mengalami penurunan sekitar 2,11 persen dibandingkan minat pada tahun lalu.

Kemenhub Perkirakan Puncak Arus Mudik Lebaran pada 8 April 2024

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti mengungkapkan, penurunan minat itu terlihat dari turunnya perkiraan jumlah penumpang pada mudik Lebaran tahun ini yang hanya tumbuh 2,38 persen sementara tahun lalu tumbuh 4,49 persen.

"Perkiraan memang tahun ini akan ada penurunan pertumbuhan jumlah penumpang," kata dia di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Syarat Lengkap Ikut Mudik Motor Gratis Kemenhub

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa penurunan itu tidak hanya terjadi untuk penerbangan domestik selama Lebaran, namun juga diperkirakan terjadi bagi penerbangan luar negeri.

Pada tahun ini, perkiraan pertumbuhan jumlah penumpang luar negeri dikatakannya hanya mencapai 7,8 persen, turun 3,2 persen dari catatan pertumbuhan pada 2018 yang mencapai 11 persen.

Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis di Lebaran 2024, Catat Tanggalnya

Meski demikian, Polana memastikan bahwa terdapat beberapa maskapai penerbang yang meminta extra flight atau tambahan penerbangan selama periode tersebut. Di antaranya maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier.

"Ada permintaan extra flight angkutan lebaran tahun 2019 ini, beberapa rute yang sudah di minta, Sriwijaya ada 3 rute, Nam Air 6 rute dan seterusnya, domestik dan internasional juga sudah ada permintaan 20 penambahan beberapa rute," tegasnya.

Posko mudik gratis di Terminal Depok

Warga Serbu Posko Mudik Gratis di Terminal Depok, Sepekan Sudah Tercetak 5.000 Tiket

Warga Kota Depok dapat menikmati fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah. Tahun ini Kementrian Perhubungan menyediakan 30.088 tiket bagi warga yang ingin mudik.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024