Logo WARTAEKONOMI

Pria Ini Jadi Miliarder Berkat Sebotol Kecap

Jadi Miliarder Berkat Sebotol Kecap. (FOTO: Reuters)
Jadi Miliarder Berkat Sebotol Kecap. (FOTO: Reuters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pria asal China, Pang Kang, berhasil menjadi miliarder berkat sebotol kecap. Ia merupakan chairman dari perusahaan produsen saus kecap Haiti, Foshan Haitian Flavouring & Food Co.

Berkat resep sebotol kecap lezat, Pang Kang berhasil meningkatkan hartanya sebesar 60% pada 2018 menjadi 52 miliar yuan atau sekitar US$7,5 miliar. Perusahaannya itu telah terdaftar di Shanghai Stock Exchange sejak tahun 2014. Dari sanalah sumber kekayaan Pang Kang.

Produk saus adalah kebutuhan sehari-hari bagi rumah tangga di China, sehingga permintaan berulang membuat penjualan terus moncer. Selain itu, pelanggan konsumen produk ini umumnya juga loyal pada merek yang mereka sukai selama bertahun-tahun, dan tak bakal mudah beralih hanya karena merek alternatif sedikit lebih murah.

Karena itu, sulit bagi pendatang baru untuk masuk ke pasar. Selama pemain lama di industri ini mempertahankan kualitas dan citra merek mereka, bisnis ini sangat menjanjikan untuk terus berkembang.

Pada 20 Juni 2018, harga saham perusahaan telah naik 479,24% sejak pencatatan pertamanya, jauh melebihi pertumbuhan harga saham perusahaan-perusahaan serupa yang terdaftar. Hal inilah yang membuat Pang Kang muncul dalam daftar orang terkaya China versi Forbes. Saat ini, kekayaan Pang Kang tercatat sebanyak US$10,7 miliar atau sekitar Rp150,8 triliun.