KAI Resmi Buka Perjalanan Kereta Jarak Jauh dari Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota sebagai stasiun keberangkatan kereja jarak jauh
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI resmi memfungsikan stasiun Jakarta Kota di kawasan Kota Tua sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta api jarak jauh. Perjalanan perdana KA jarak jauh itu dimulai pada malam ini, Rabu 29 Mei 2019.

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Melaui prosesi gunting pita, Komisaris PT KAI, Riza Primadi bersama petinggi KAI lain secara resmi memulai keberangkatan KA tersebut sekaligus meresmikan hall baru atau ruang tunggu. 

EVP PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah mengatakan, ruang tunggu ini khusus diperuntukkan untuk keberangkatan dan kedatangan kereta jarak jauh. Ada tiga perjalanan kereta yang disiapkan, yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Kutoarjo dan Jakarta-Surabaya. 

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

"Ini untuk mengurai traffic operasional. Jadi, operasional di (Stasiun) Pasar Senen itu udah padat. Sehingga, kita alihkan ke sini sebagian," kata Dadan, usai peresmian di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu 29 Mei 2019. 

Ia mengakui, penumpang di Stasiun Senen sudah sangat padat dan membludak. Diharapkan, melalui pembukaan ruang tunggu baru dan perjalanan KA jarak jauh ini bisa mengurai kepadatan di Stasiun Senen.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

"Sebagian, supaya mudah-mudahan bisa menggunakan stasiun ini berangkat dari stasiun kota," jelas dia. 

Tiga kereta jarak jauh yang dioperasikan itu adalah KA Kutojaya Utara, dengan rute Jakarta Kota-Kutoarjo, KA Jayakarta Premium rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng, dan KA Menoreh rute Jakarta Kota-Semarang Tawang. Adapun KA yang diberangkatkan pada malam ini adalah KA Menoreh. 

Bagi penumpang yang sudah membeli tiket ketiga kereta tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Senen, lanjut dia, bisa naik dari stasiun Jakarta Kota. Dadan mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait hal ini kepada pelanggan KAI. 

"Sudah, sosialisasinya sudah kami lakukan, baik melalui online atau pun media sosial lainnya," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya