Cara Petani Hadapi Kerasnya Tekanan kepada Produk Hasil Tembakau

Panen tembakau petani Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Perlawanan terhadap tekanan produk tembakau harus diberikan untuk menyelamatkan hasil pertanian tembakau yang merupakan komoditas utama Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sebab, tekanan secara regulatif terhadap tembakau semakin ke sini semakin menunjukkan progresif.

Mengenal Desa Bansari, Pemenang Desa BRILian 2023 Berkat Keindahan Alam & Inovasi Pertanian Modern

Budayawan Mohamad Sobary saat berbicara dalam diskusi bertajuk 'Selamatkan Petani Tembakau Selamatkan Indonesia' yang digelar di Temanggung beberapa waktu lalu mengungkapkan, ada tiga model perlawanan yang bisa diberikan.

"Yakni perlawanan secara politis, perlawanan secara akademis dan yang ketiga perlawanan yang harus kita lakukan. Yakni perlawanan dengan guyon," kata Sobary dikutip dari keterangan resminya, Kamis 30 Mei 2019. 

SBY: Menangkan Pasangan Prabowo-Gibran!

Menurut Sobary cara perlawanan guyon yakni model perlawanan dengan becandaan, sindiran dan analisis yang enteng-enteng. 

"Jadi, nanti nyinyir dan nganyelke. Mereka yang menekan jadi marah tapi tidak bisa menuntut," terangnya.

Ministry Urges Local Garlic Production by Mandatory Planting

Dia menjelaskan, selain perlawanan melalui jalur ini, jalur politik sebagai bentuk perlawanan juga harus diberikan. Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dan sejumlah politisi dari berbagai partai politik telah melakukan perlawanan secara politik. 

"Pak Jokowi saya yakin mampu dan berpihak pada para petani tembakau. Kita tinggal bagaimana memberikan masukan-masukan untuk beliaunya. Kami akan berusaha memberi masukan tersebut agar kebijakan beliau semakin kuat membela kita," imbuhnya.

Perlawanan lainnya harus diberikan dari sisi seni dan budaya. Model perlawanan ini diberikan melalui hasil karya seni yang diolah sedemikian rupa untuk membawa misi-misi pertanian dan pertembakauan.

"Orang Temanggung jago bikin karya seni seperti sendratari atau jathilan. Ini bisa diolah untuk melakukan pembelaan terhadap pertanian tembakau," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq berpendapat, gelombang kampanye antitembakau yang makin terus digulirkan, tampaknya akan terus mental jika disuarakan di Temanggung. Tembakau bagi masyarakat Kabupaten Temanggung bukan hanya masalah ekonomi dan budaya semata.

"Tembakau adalah bagian dari harga diri masyarakat Temanggung itu sendiri. Jika harga tembakau miring, rasa percaya diri masyarakat akan terseok-seok. Sebaliknya jika harga naik, rasa percaya diri orang Temanggung akan dengan sendirinya naik," tegasnya. 

Menurutnya, jika melihat tembakau dari sisi sosial antara konflik kaum borjuis yang bermoral dengan kelas terbawah yakni petani tembakau sendiri. Khusus di Temanggung, kemelut masalah ini masih cukup sulit terurai sampai hari ini.

"Tapi meski rumit, Pemerintah Kabupaten Temanggung akan terus meraba-raba dan mencari cara untuk menemukan solusi mengatasi masalah ini," akunya.

Al Khadziq pun mendorong mainstreamisasi tembakau agar menjadi isu nasional. Tak hanya bergolak di Temanggung saja, tembakau harus bisa duduk setara dengan komoditi lain seperti bawang, kopi, cabai, dan sebagainya.

Meski, ruang promosi untuk tembakau sudah semakin sempit. Iklan tembakau sudah tidak diperbolehkan. Adegan merokok dalam sesi apapun di media televisi, online, maupun cetak, semuanya sudah harus dikaburkan.

"Ndak apa-apa. Kita promosikan tembakau Temanggung dengan cara off air terus, salah satunya seperti ini," ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPN APTI Agus Parmuji menambahkan, sebagai representasi dari petani pihaknya terus melakukan pendampingan dan perlawanan terhadap tindakan represif secara kebijakan terhadap tembakau. 

"Berbagai langkah telah diupayakan untuk melindungi tembakau dan produk tembakau," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya