Menhub Lepas 400 Bus Mudik Gratis dari Monas

Menhub lepas mudik gratis 2019 di Monas
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan 400 bus mudik gratis angkutan Lebaran yang digelar Kementerian Perhubungan dari kompleks Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Saat pelepasan, Budi tampak bersama dengan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Menurut Budi, pelepasan pemudik di acara bertema "Mudik Bareng Asyik Lancar" ini memberikan kebahagian tersendiri bagi pemerintah. 

"Suatu kebahagiaan karena merupakan amanah bapak Presiden untuk membahagiakan mereka semua,melalui penyelenggaraan Mudik Bareng Asyik Lancar," ujar Budi di Monas, Jumat 31 Mei 2019.

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

Setiap bus yang diberangkatkan ini berkapasitas sebanyak 50 orang sehingga total pemudik yang  diberangkatkan hari ini diperkirakan sekitar 18 ribu.  Setidaknya mereka diberangkatkan ke 40 kota tujuan baik ke Jawa maupun Sumatera. Budi pun berharap seluruh pemudik bisa sampai ke tujuannya dengan selamat. 

"Salam untuk keluarga di rumah," pesan Budi.

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

Budi mengungkapkan, program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan diharapkan dapat mengurangi penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi. Sehingga, dapat mengurangi beban lalu lintas pada jalur mudik Lebaran. 

Selain itu, lanjut Budi, mudik gratis ini juga diharapkan bisa mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik, baik yang menggunakan sepeda motor maupun kendaraan pribadi selama periode angkutan Lebaran. 

Secara keseluruhan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub melaksanakan kegiatan mudik gratis angkutan Lebaran, dengan menyediakan sarana angkutan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang. 

Selain itu juga disediakan 81 unit truk dengan kapasitas angkut sepeda motor sebanyak 3.645 unit sepeda motor. Konsep yang digunakan adalah sepeda motor dinaikkan ke truk sementara orangnya naik bus,  dan mudik naik bus bagi penumpangnya saja tanpa motor. 

Rombongan mudik gratis diberangkatkan  mulai hari ini dan hari Sabtu tanggal 1 juni 2019 dari Monumen Nasional, serta dari beberapa wilayah di antarannya Bogor, Bekasi dan Tangerang, dengan daerah tujuan, sebanyak 38 kota tujuan. Sedangkan untuk arus balik akan diselenggarakan pada kota Purwokerto, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Selain penyelenggaraan mudik gratis yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kegiatan mudik gratis juga dilakukan oleh mitra kerja Kementerian Perhubungan, yaitu 104 BUMN dan 7 mitra kerja swasta, dengan dengan total jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 204.572 orang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya