Khawatir Harga Pangan Naik Saat Lebaran, IKK Mei Turun 0,7 Persen 

Pedagang menyortir cabai merah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Indeks Kepercayaan Konsumen atau IKK yang disurvei oleh Danareksa Research Intitute tercatat turun 0,7 persen ke level 103,1 pada Mei 2019. Padahal sebelumnya IKK sempat naik 1,8 persen pada April 2019. 

Usai Pemilu Investasi Mulai Masuk RI, Investor Cermati Hal Ini

Adapun dua komponen pembentuk IKK Mei 2019 tercatat mengalami penurunan yaitu Indeks Situasi Sekarang (ISS) turun 0,4 persen ke level 88,7 dan Indeks Ekspektasi (IE) turun sebesar 0,8 persen ke level 113,9. 

"Meski menurun, IKK masih bertahan pada level yang tinggi, mengindikasikan optimisme dan keyakinan konsumen terhadap perkembangan ekonomi keseluruhan tetap terjaga," jelas keterangan tertulis Danareksa Research Institute, dikutip Rabu 12 Juni 2019.

Investor Tumbuh Signifikan, BRI Danareksa Sekuritas Incar Dana Kelolaan Rp 300 Miliar pada 2024

Sementara itu, meski penilaian terhadap kondisi ekonomi dan bisnis sedikit menurun, namun penilaian konsumen terhadap pasar tenaga kerja dan prospek pendapatannya dalam enam bulan mendatang cenderung lebih baik. 

Hal itu dapat terlihat dari hasil survei Mei 2018 yang menunjukkan bahwa 67,6 persen responden yakin akan keamanan pekerjaannya (job security) dalam enam bulan mendatang.

Pembangunan Fase 2, KITB Kantongi Dana Rp3 Triliun dari PMA

Hasil survei juga menunjukkan bahwa kekhawatiran konsumen saat ini terhadap tingginya harga bahan makanan meningkat dari 62,5 persen menjadi 65,8 persen. Hal ini terkait dengan naiknya harga barang selama Ramadan dan jelang Idul Fitri. 

Sedangkan persentase konsumen yang khawatir terhadap kelangkaan kerja turun menjadi 32,9 persen pada Mei dari 34,9 persen pada bulan sebelumnya.

Kemudian, terkait dengan keyakinan konsumen terhadap tekanan Inflasi, survei mencatat Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi ke depan naik 0,4 persen ke level 178,1. 

Lalu, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama dalam enam bulan mendatang tergerus pada Mei. Indeks Rencana Beli (IRB) yang mengukur rencana pembelian oleh konsumen turun 1,2 persen menjadi 190,1.

Selanjutnya, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya meningkat pada Mei 2019. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik 1,4 persen menjadi 111.

"Mayoritas komponen pembentuk IKKP mengalami kenaikan, serta bertahan di atas level 100. Ini berarti, secara umum, konsumen masih merasa yakin terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya," jelas Danareksa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya