Kemenhub Siapkan Rp2 Triliun Revitalisasi Terminal Bus Tipe A

Ilustrasi terminal bus.
Sumber :
  • Viva.co.id/Nur Faishal

VIVA – Pemerintah berencana untuk merevitalisasi terminal tipe A di seluruh Indonesia agar memiliki fasilitas dan bangunan layaknya bandara pada 2020. Kementerian Perhubungan pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2 triliun.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, dari anggaran sebesar Rp2 triliun, masing-masing terminal akan diberikan anggaran sebesar Rp50 miliar. Terminal tipe A yang ada di seluruh Indonesia saat ini, berdasarkan catatannya sebanyak 144 terminal.

"Sebagai langkah awal akan ada sembilan kota yang akan menjadi percontohan revitalisasi terminal tipe A yaitu Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang, Medan, Surakarta, Denpasar, Badung, dan Yogyakarta di Terminal Giwangan," katanya seperti dikutip dari siaran pers, Senin, 17 Juni 2019.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Budi mengatakan, akan menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola terminal bus tipe A, sehingga diharapkan dapat mendesain terminal yang lebih bagus dan semua ruang berfungsi dengan baik.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993, pasal 41, terminal tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antarnegara, angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota (AK), dan angkutan perdesaan (ADES).

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Sementara itu, sesuai dengan implementasi Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilakukan proses alih kelola Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D) Terminal Penumpang Tipe A dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat.

Dari 144 terminal penumpang tipe A yang ada di Indonesia, sebanyak 128 terminal yang diajukan untuk proses serah terima. Selanjutnya dari 128 terminal, sebanyak 106 terminal sudah Berita Acara Serah Terima (BAST) dan 22 masih dalam proses.

Dari 106 terminal yang sudah BAST terdapat 38 terminal penumpang tipe A yang sudah menyelesaikan proses alih kelola P3D-nya. Dari 38 terminal tersebut, sebanyak sembilan terminal tipe A, sedang memasuki proses dokumen Detail Engineering Design (DED) pada 2019.  

"Melalui revitalisasi terminal bus dengan Program Aksi Perbaikan Prasarana Angkutan Massal Berbasis Jalan bertujuan untuk memberikan wajah baru pelayanan terminal penumpang bus tipe A," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya