Logo WARTAEKONOMI

Jualan Obat, Mantan Guru Kimia Ini Jadi Wanita Terkaya Ketiga di China

Dagang Obat, Wanita Ini Gaet Predikat Orang Terkaya. (FOTO: Muhammad Iqbal)
Dagang Obat, Wanita Ini Gaet Predikat Orang Terkaya. (FOTO: Muhammad Iqbal)
Sumber :
  • wartaekonomi

Wanita asal China, Zhong Huijian berhasil menjadi salah satu wanita terkaya di negaranya berkat usahanya sendiri. Sebelum menjadi chairman di perusahaan Hansoh Pharmaceutical, Zhong berprofesi sebagai guru kimia.

Kekayaan yang ia dapat dari perusahaan obat itu berhasil mendulangnya meraih predikat kekayaan self-made alias hasil sendiri. Perusahaan itu ia bangun pada tahun 1995.

Sebelum kaya raya seperti saat ini, mengutip dari South China Morning Post, di tahun 1982, Zhong berhasil lulus dari Jiangsu Normal University. Setelah lulus, kemudian ia mengajar kimia di SMP yang terletak di kota Lianyungang.

Ia menjadi wanita terkaya ketiga di China usai saham Hansoh dilepas ke publik di Bursa Efek Hong Kong pada Jumat lalu. Kekayaan Zhong pun bertambah hingga US$7,9 miliar atau Rp113 triliun.

Secara pribadi, Zhong memegang 68 persen saham di perusahaan. Sementara, suaminya Sun Piaoyang juga bekerja di sektor farmasi dan menjabat sebagai CEO di Jiangsu Hengrui Medicine.

Selain menjadi wanita terkaya, kekayaan Zhong dan suami mengantar mereka ke daftar para pasangan terkaya di China. Gabungan harta keduanya mencapai sekitar US$19 miliar atau sekitar Rp272,5 triliun.