Bos Lippo Sebut Pemindahan Ibu Kota Positif untuk Industri Properti

CEO Lippo Karawaci, John Riady.
Sumber :
  • fikri

VIVA – PT Lippo Karawaci Tbk, mendukung rencana pemindahan Ibu Kota yang sedang dikaji oleh pemerintahan era Presiden Joko Widodo. Rencana pemindahan ini disebut bakal positif untuk industri properti. 

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Chief Executive Officer Lippo Karawaci, John Riady mengatakan, pemindahan Ibu Kota telah terjadi di berbagai negara maju. Rata-rata negara maju sudah memisahkan kota yang menjadi pusat perekonomian dengan kota yang menjadi pusat pemerintahan. 

"Wacana pemindahan ibu kota ini sangat baik. Dari properti, industri akan ketumpahan dari pembangunan ini. Jadi, wacana ini positif," ujar John di Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

Menpan RB Tegaskan Telah Siapkan 4 Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Ia mencontohkan, di Amerika Serikat, ada Washington DC dan New York. Begitu pula di negara berkembang seperti Myanmar, juga sudah mulai memisahkan kota yang menjadi pusat perekonomian dan pusat pemerintahan. Menurutnya, memang selayaknya ini dibagi karena dinilai lebih efisien. 

"Kalau memang itu kebijakan pemerintah, kami mendukung, tetapi Jakarta akan tetap jadi pusat perekonomian," ucapnya. 

Intip Sejumlah Tantangan Dalam Pemindahan IKN ke Kalimantan

Di satu sisi, ia mengatakan bahwa pusat perekonomian di Jakarta, dan sekitarnya akan terus berkembang. Misalnya di Cikarang, yang pertumbuhan industri semakin pesat. 

"Cikarang itu kan pusat industri yang besar, dengan pembangunan infrastruktur yang besar," jelas dia. 

Presiden Joko Widodo diketahui berencana memindahkan ibu kota Indonesia yang akan menjadi pusat pemerintahan. Beberapa lokasi potensial yang diseleksi adalah beberapa daerah Kalimantan, sedangkan Jakarta nantinya direncanakan akan jadi pusat perekonomian. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya