Logo WARTAEKONOMI

Masuk Daftar Miliarder Elite, Siapa Bernard Arnault?

Bernard Arnault Masuk Jajaran Miliarder Elite. (FOTO: Forbes)
Bernard Arnault Masuk Jajaran Miliarder Elite. (FOTO: Forbes)
Sumber :
  • wartaekonomi

Bernard Arnault masuk ke dalam jajaran nama miliarder elite dunia, klub centibillionaires. Miliarder asal Prancis ini bergabung dengan Bill Gates dan Jeff Bezos, miliarder yang memiliki kekayaan lebih dari US$100 miliar.

Sebenarnya, siapa sosok Bernard Arnault?

Arnault merupakan pria asal Prancis yang memegang saham terbesar di LVMH. Mulanya, ia masuk ke pasar barang mewah setelah mengakuisisi kelompok bisnis tekstil Boussac, pemilik Christian Dior dan supermarket Le Bon Marche yang hampir bangkrut pada 1984.

Setelah itu, ia menjual semua perusahaan lainnya, sehingga uangnya digunakan untuk menguasai saham LVMH pada 1988.

Setahun berlalu, Arnault pun resmi menjadi pemilik saham terbesar di LVMH dan menjabat sebagai chairman dan CEO di sana.

Sebelas tahun kemudian, nilai LVMH meningkat 15 kali lipat, penjualan serta keuntungannya naik lima kali lipat. Salah satu kunci sukses Arnault adalah program desentralisasi dan upayanya untuk fokus mengeksplorasi heritage setiap brand.

Pada 1993, LVMH mengakuisisi Berluti dan Kenzo. Selain memiliki brand Louis Vuit ton, Bernard Arnault menguasai 70 brand terkenal lainnya, seperti Givenchy, Guerlain, Marc Jacobs, Sephora, Emilio Pucci, Fendi, Loro Piana, Nicholas Kirkwood, Thomas Pink, RM Williams, EDUN, Moynat, dan Donna Karen.