Wapres JK Tantang Pelindo Modernisasi Pelabuhan Batam

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Direktur Utama PT Pelindo II atau IPC, Elvyn G. Masassya bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin 24 Juni 2019. Wapres meminta adanya pengembangan pelabuhan-pelabuhan di berbagai tempat.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

"Beliau memberi arahan untuk bisa mengembangkan beberapa pelabuhan di tempat lain, termasuk di Batam. Lalu menggunakan alat-alat modern, sebatas itu saja," kata Elvyn di Kantor Wapres di Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Wapres memberi masukan agar Pelindo II bisa mengembangkan pelabuhan untuk bisa bersaing di Singapura. Selain Batam, juga dipikirkan pembangunan pelabuhan di Kalimantan Barat.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

"Tadi kita mendiskusikan termasuk pembangunan pelabuhan di Kalimantan Barat yang memang sedang kita bangun. Tapi yang sangat khusus beliau menitipkan pesan untuk turut serta mengembangkan pelabuhan di Batam," ujar Elvyn.

Hal itu diminta oleh JK setelah dia berkunjung ke Batam dan melihat pelabuhan di sana masih dikembangkan lagi. Saat ini di sana memang tengah dipasang peralatan-peralatan yang lebih modern, dan memperbaiki sistem agar menjadi pelabuhan yang lebih modern. "Karena itu beliau memanggil saya untuk kemungkinan mengembangkan Pelabuhan Batam," ucap dia.

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

Pelindo II juga berkoordinasi terlebih dahulu dengan otoritas Batam dan Kementerian BUMN. Pelindo juga mengharapkan kapasitas pelabuhan Batam yang meningkat nantinya setelah pengembangan.

"Kita ekspektasikan Batam itu bisa memproduksi antara 500 ribu-600 ribu TEUs per tahun. Sekarang ini baru 250 ribu per tahun," kata Elvyn.

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022