Gaet Pemda, Astra Gelar Kick Off Program Desa Sejahtera Astra 2019

Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – PT Astra International Tbk menggelar kick off program Desa Sejahtera Astra 2019, sebagai upaya Astra bersama pemerintah mengembangkan ekonomi kawasan pedesaan dan mendorong kesejahteraan masyarakat.

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, serta puluhan pemerintah desa dan kabupaten dari seluruh Indonesia, Astra pun menandatangani perjanjian kerja sama bersama para perwakilan dari pemerintah desa tersebut.

Deputi Chief of Corporates Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah mengakui, acara ini terselenggara dengan komitmen bersama dan harapan agar semua pihak bisa saling bertukar pengalaman terkait Environment Social Responsibility (ESR).

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

"Kita ingin berkontribusi menuju pembangunan berkelanjutan, yang juga akan melibatkan berbagai pihak seperti Kemendes, pihak NU, universitas, dan beberapa digital start up company, untuk kegiatan pemasaran dan pedesaan serta mitra strategis lainnya," kata Riza di kantor Astra, kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa 25 Juni 2019.

Riza menjelaskan, acara kick off hari ini akan mempertemukan kesepakatan kerja sama antara pihak Astra dan sekitar 275 desa dari berbagai kabupaten.

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

Dia mengatakan untuk tahun ini, Astra menargetkan kerja sama dan pemberian bantuan kepada total 645 desa, di mana sampai saat ini baru sekitar 370 desa dari 77 kabupaten yang sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Astra.

"Sekarang MoU dengan 275 desa. Target tahun ini total 645 (desa), dan sudah 370 desa darii 77 kabupaten. Bantuannya berupa pendidikan, pelatihan, prasarana, dan akses permodalan, agar bisa jadi role model pengembangan desa lain di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, mengucapkan terima kasihnya pada pihak Astra dengan berlanjutnya program Desa Sejahtera Astra 2019 ini.

Dia mengatakan, program ini akan sangat membantu pemerintah pusat dalam menyejahterakan desa-desa di seluruh Indonesia, karena hingga saat ini masih ada ribuan desa di Indonesia yang masih dalam kondisi tertinggal

"Kenapa diberi dana desa (oleh pemerintah)? Karena sampai 2014 kita masih punya 20 ribuan desa tertinggal di mana sekitar lima ribu desa tidak pernah dapat dana pembangunan dari pemerintah pusat," kata Eko.

"Kalau kondisi ini tidak diubah, kesenjangan akan makin dalam dan bisa timbulkan perpecahan. Saya juga minta Astra bersabar (dalam menjalankan program ini), karena 60 persen dari Kepala Desa hanya lulusan SD," ujarnya.

Diketahui, hingga 2018, sebaran eksisting dari program Desa Sejahtera Astra telah mencakup 370 desa di 23 provinsi. Masing-masing adalah sebanyak 233 desa dengan sumber daya pertanian dan peternakan, 76 desa perikanan, 34 desa kreatif, dan 27 desa wisata dan jasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya