Viral Kompleks Hunian di Atap Thamrin City, Aspek Ini Jadi Sorotan

Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia, Anton Sitorus
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Viral di media sosial soal adanya kompleks hunian di atas Mall Thamrin City, yang berlokasi di Jakarta Pusat. Penampakan itu pun, membuat netizen yang belum mengetahui hal itu terheran-heran.

Jasad Pria Paruh Baya Buat Geger Apartemen di Tebet, Polisi Ungkap Penyebab Kematiannya

Hal itu diunggah oleh akun Twitter @Shahrirbahar1, yang kemudian diretweet lebih dari 23 ribu kali. Dari foto dan perbincangan di media sosial, lokasinya disebut-sebut di Thamrin City.

Menurut Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia, Anton Sitorus, fenomena ini memang cukup aneh. Sebelumnya, hal ini juga terjadi di Mall of Indonesia (MoI).

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

"Terus terang, sebenarnya aneh. Kalau mau bikin hunian, ya apartemen aja langsung. Dulu juga ada waktu di MoI. Itu menurut saya sih, agak aneh," kata Anton di kantornya, Jakarta, Rabu 26 Juni 2019.

Berdasarkan pengamatannya, kompleks perumahan yang dibangun di-rooftop itu, lantaran pengelola ingin memaksimalkan ruang yang kosong. "Itu terus terang, jadi campur campur. Itu tetap aja, strata title," kata dia.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Dia pun menyoroti aspek keamanan yang dinilai tidak akan maksimal, seperti mal dan apartemen yang dipisah pengelolaannya. "Kalau Taman Anggrek misalnya, kan ada mal, ada apartemen. Penanganan struktur dan safety itu terpisah sendiri, ada penanganan sendiri. Sekarang, rumah di atas si mal itu (Thamrin City) ada enggak penanganan tersendiri? Enggak ada," jelas dia.

Dia memperkirakan, sebab pengelola membangun kompleks perumahan itu, karena ingin mengisi ruang kosong untuk menambah pendapatan atau revenue. "Kalau rooftop itu kan, wajarnya dipakai untuk fasilitas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya