Aturan Ini Dinilai Hambat Investasi Industri Farmasi

Ilustrasi obat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Chairman Board of Managemen Swisscham Indonesia, Luthfi Mardiansyah menilai, industri farmasi merupakan salah satu sektor investasi yang peningkatannya paling rendah di Indonesia.

6 Industri Farmasi Tersandung Cemaran EG-DEG, GPFI: Ini Konsekuensi yang Harus Dibayar

Dia menilai, adanya Permenkes No.1010/MENKES/PER/XI/2008 tentang Registrasi Obat, yang mengharuskan produksi obat wajib diproduksi di dalam negeri dalam waktu lima tahun. Menjadi, salah satu aspek penghambat investasi di industri farmasi tersebut.

Sebab, Permenkes itu mewajibkan perusahaan farmasi asing berproduksi atau menunjuk perusahaan lain yang terdaftar, untuk menjadi produsen di dalam negeri. Hal itu dilakukan, guna mendapatkan persetujuan penjualan obat. 

Dunia Berebut Investasi, Ekonom: KUHP Baru Bakal Ganggu Realisasi Penanaman Modal Asing

"Kita melihat, apakah selama satu dekade ini, efektif enggak (Permenkes 1010/2008) ini. Tujuannya kan, untuk melihat apakah performance (investasi sektor farmasi) di Indonesia meningkat," ujar Luthfi dalam diskusi di kantor BKPM, Jakarta, Selasa 2 Juli 2019.

Luthfi mengakui, pihaknya tak melihat adanya peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan jumlah investasi di sektor farmasi nasional, sejak 2008 silam. Regulasi tersebut pun dinilai tidak sejalan dengan target peningkatan investasi.

Di Era Transisi, Kolaborasi Semua Pihak Jadi Kunci Menuju Ketahanan Energi Nasional

"Yang perlu kita lihat adalah, apakah (regulasi) itu masih relevan sampai hari ini? Kalau enggak, ya kita review sekarang," kata Luthfi.

"Jadi, ya sekarang kelihatan kalau mereka (investor) masuk ke Indonesia itu tidak memberikan investasi apa-apa, cuma sebagai distributor atau numpang ke perusahaan-perusahaan yang sudah ada. Maka, yang kita sebut FDI (foreign direct invesment) itu enggak kelihatan," ujarnya. (asp)

GP Farmasi Indonesia

Bagaimana UU Kesehatan Baru Akan Mengubah Lanskap Industri Farmasi?

Rakernas ini dirancang sebagai ajang diskusi strategis untuk menyiapkan langkah-langkah taktis dan strategis guna memajukan industri farmasi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2023