Logo WARTAEKONOMI

Harus Tahu Lima Hal Ini Sebelum Mulai Bisnis

Ini Dia, Hal Penting yang Perlu Pengusaha Tahu Dalam Memulai Bisnis. (FOTO: Freepik)
Ini Dia, Hal Penting yang Perlu Pengusaha Tahu Dalam Memulai Bisnis. (FOTO: Freepik)
Sumber :
  • wartaekonomi

Menjadi pengusaha memang jauh berbeda dengan menjadi karyawan. Resiko yang jauh lebih besar dan lebih banyak akan Anda jumpai jika Anda memutuskan untuk memiliki usaha sendiri. 

Jika saat menjadi karyawan, Anda hanya fokus untuk menyelesaikan target yang diberikan atasan, kemudian mendapatkan gaji. Sementara untuk menjadi pengusaha, Anda harus siap untuk menerima ketika target yang Anda berikan ke karyawan tidak tercapai, dan harus tetap memikirkan gaji yang sudah Anda sepakati dengan karyawan.

Berikut adalah tips sebelum Anda membuka usaha sendiri, agar usaha Anda bisa sukses, sebagaimana dilansir dari Jurnal.id.

1. Menganalisis jenis bisnis

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa bisnis yang akan didirikan adalah jenis bisnis yang Anda minati. Hal tersebut akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda pada jenis bisnis tersebut. 

Lakukan analisis break event point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis bisnis Anda. Setelah itu, jabarkan rencana bisnis Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas, dan lainnya). Kemudian, susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan bisnis tersebut.

2. Susun konsep terbaik dalam perencanaan