Lepas Jabatan di IMF, Lagarde Bakal Jadi Bos Bank Sentral Eropa

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Veri Sanovri

VIVA – Para pemimpin negara Uni Eropa, menunjuk Chistine Lagarde untuk menjadi presiden Bank Sentral Eropa, menggantikan Mario Draghi. Lagarde pun diketahui telah cuti dari jabatannya sebagai direktur pelaksana Dana Moneter Internasional atau IMF. 

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Dikutip dari Forbes, Selasa 3 Juli, pencalonan Lagarde diumumkan dalam sebuah Tweet yang dirilis Presiden Dewan Uni Eropa, Donald Tusk, Selasa waktu setempat. Keputusan itu dibuat, setelah pertemuan yang digelar sejak Minggu lalu. 

Sementara itu, terkait dengan pengangkatannya, saat ini masih perlu dikonfirmasi oleh Parlemen Eropa. Pemungutan suara diketahui akan dilakukan Selasa waktu setempat. Jika sudah ditetapkan Lagarde akan menjadi wanita pertama yang akan memimpin kebijakan moneter di Eropa. 

OJK dan LPS Cermati Efek Resesi Inggris-Jepang ke RI

"Saya merasa terhormat telah dicalonkan sebagai Presiden Bank Sentral Eropa," kata Lagarde dalam sebuah pernyataan, Selasa. 

Dia mengatakan, sementara waktu akan menangguhkan aktivitasnya di IMF hingga proses pemilihan di ECB selesai. 

Daftar Negara yang Diprediksi Punya Ekonomi Kuat di 2030, Peringkat Indonesia Kalahkan Inggris!

"Mengingat ini, dan setelah berkonsultasi dengan komite etika Dewan Eksekutif IMF, saya telah memutuskan untuk sementara waktu melepaskan tanggung jawab saya sebagai direktur pelaksana IMF selama periode pencalonan. "

Lagarde akan menggantikan presiden ECB saat ini, Mario Draghi, yang memegang peran tersebut sejak 2011, dan masa jabatannya berakhir pada 31 Oktober. Draghi meninggalkan posisi, di tengah ketidakpastian untuk kebijakan moneter Euro dan Eropa. (asp)

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot mulai perkasa pada perdagangan Kamis, 18 April 2024. Rupiah menguat sebesar 48 poin atau 0,29 persen ke Rp 16.172/US$.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024