Mengintip Segmen Transaksi yang Diincar LinkAja Secara Harian

Tcash menjadi LinkAja, salah satu platform uang elektronik yang jadi makin tren di Indonesia.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Chief Marketing Officer LinkAja, Edward Kilian Suwignyo, menyatakan bahwa LinkAja merupakan salah satu platform e-money yang bertujuan memudahkan masyarakat,dalam melakukan pembayaran di berbagai segmen kehidupan sehari-hari. Beragamnya tujuan dan jenis pembayaran dalam kehidupan harian itu, menurut Edward dapat dipisahkan menjadi dua hal, yakni pembayaran untuk kebutuhan dasar sehari-hari dan untuk hal-hal yang bersifat lifestyle

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

"Saat ini sebagian besar pemain, seperti OVO, Gopay, Dana, itu bermain di lifestyle, bukan kebutuhan esensial sehari-hari sebagaimana segmen LinkAja," kata Edward di kantornya, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 4 Juli 2019.

Edward menjabarkan segmen dan jangkauan transaksi yang dapat dilakukan dengan platoform LinkAja, seperti misalnya soal transportasi, merchant, layanan keuangan, produk digital, dan transaksi antar bisnis atau B-to-B.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Dalam hal transportasi, LinkAja akan melayani pembayaran tol dengan RFID, KAI Access, Garuda dan Citilink, Railink, Bluebird, serta pembayaran parkir.

"Berbagai macam hal complicated sebenarnya bisa dibikin mudah. Seperti misalnya kalau menggunakan kartu RFID dan ditaruh di kaca lampu depan, maka kalau masuk ke tol niscaya tidak akan ada antrean lagi," ujarnya.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

Untuk KAI Access, Edward menjelaskan bahwa sifat LinkAja itu seperti sumber dana pembayaran, untuk pembelian tiket kereta. "Jadi LinkAja memudahkan sehingga orang bisa ke luar kota, ke mana saja, dan di mana saja. Begitupun dengan (pembelian tiket) Garuda dan Citilink," kata Edward.

Sementara untuk Railink, Edward mengklaim bahwa penggunaan e-money LinkAja bahkan sudah pernah diterapkan di Asian Games di Palembang tahun lalu.

Bagi layanan taksi Blue Bird, Edward memastikan bahwa LinkAja juga menjadi salah satu solusi pembayaran, guna mengatasi kendala sulitnya mencari uang kecil untuk membayar taksi.

Selain itu, LinkAja juga melayani pembayaran bagi sekitar 150 ribu merchant seperti misalnya SPBU Pertamina, merchant makanan minuman, ritel seperti Indomaret dan Alfamart, serta sejumlah online shop seperti Blanja, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya 

"Kami juga melayani financial service seperti misalnya remitansi PMI Singapura, tarik tunai tanpa kartu ATM di bank-bank Himbara, E-wallet, premi asuransi, pembayaran cicilan, serta croos border operator payment (CBOP)," kata Edward.

"Selain itu, LinkAja juga melayani pembayaran digital product termasuk soal pulsa dan data dari semua operator telekomunikasi, berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, dan sebagainya," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya