Target Penyelesaian Proyek Tol Manado-Bitung Mundur Jadi 2020

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA

VIVA – Presiden Joko Widodo hari ini meninjau perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara. Sejumlah ruas sudah rampung, namun salah satu ruas sepanjang 13 kilometer masih terkendala pembebasan lahan. 

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Jokowi menyatakan bahwa masalah itu sedang diatasi. Tapi kemungkinan target penyelesaian proyek, yang awalnya akan selesai akhir 2019, berubah menjadi 2020. "Maksimal Maret-April (2020), Insya Allah," kata Presiden. 

Pembangunan jalan tol ini, lanjut Jokowi, untuk mendukung laju industri di kawasan bisnis di Sulawesi Utara. Terutama kawasan ekonomi khusus, yang akan tersambung dengan jalan tol. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Di Bitung ada sektor pariwisata yang tak kalah indahnya dengan Bunaken. Maka, tol ini diharapkan pula bisa memudahkan para turis mengunjungi kawasan wisata di Bitung. 

"Bisa nanti larinya ke pariwisata, bisa nanti ke industri. Nah pariwisata nanti yang di Pulau Lembeh. Itu nanti menjadi titik pariwisata baru di Bitung," jelas Jokowi. 

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Sementara itu,  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, yang juga di lokasi mendampingi Jokowi, mengungkapkan biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan infrastruktur di daerah tersebut mencapai Rp500 miliar.

"Jadi, kita mau bikin jembatan, tidak hanya untuk KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) tapi juga pariwisata Pulau Lembeh," katanya. (ren) 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024