Tujuh Tips Jitu Pilih Asuransi Unit Link Agar Untung

Peluncuran produk Asuransi Unit Link Hanwha Life Insurance Indonesia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Konsep asuransi Unit Link yang memberi kemudahan, serta manfaat proteksi sekaligus investasi dalam satu produk sedang populer saat ini di Tanah Air. Sebab, uang yang dikeluarkan memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Konsep tersebut membuat masyarakat menyukai kemungkinan uang yang dibayarkan bisa kembali, atau bahkan mendapatkan imbal hasil investasi dalam Unit Link dan tidak langsung hangus layaknya asuransi tradisional.

CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom mengungkapkan, dalam era milenial saat ini sangat penting bagi generasi muda untuk cerdas mengatur finansial. Sehingga, potensi asuransi Unit Link cukup besar manfaatnya.

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Hanya saja, lanjut dia, peluang itu perlu dilihat lebih jeli lagi dalam memilih asuransi Unit Link yang diinginkan agar bisa menikmati manfaat yang maksimal.

Adapun perusahaan asuransi jiwa asal Korea Selatan ini, memiliki asuransi Unit Link yang bisa diandalkan, setelah diluncurkan pada semester I 2019 ini yakni, Hanwha Smart Invest Link dan Hanwha Max Protection Link.

Berikut, tujuh tips yang perlu diperhatikan dalam memilih Unit Link, seperti dikutip VIVA pada Kamis 11 Juli 2019:

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

1. Cari perusahaan asuransi dan agen yang kredibel 

Pastikan perusahaan asuransi yang diminati telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

2. Sesuaikan dengan prioritas kebutuhan 

Untuk tujuan investasi seperti dana pendidikan atau properti, pilih Regular Premium Unit Link (RPUL) Back End seperti Hanwha Smart Invest Link, karena memberikan alokasi 100 persen premi dasar berkala untuk investasi sejak awal. 

Sementara itu, untuk kebutuhan proteksi seperti dana warisan dan perlindungan kesehatan yang optimal, bisa memilih Hanwha Max Protection.

3. Ambil manfaat yang sesuai 

Hitung uang pertanggungan (UP) perlindungan jiwa dengan mempertimbangkan nilai ekonomis, jumlah tanggungan dan jumlah utang Anda. 

Ada banyak cara menghitung UP, namun yang termudah UP= 10x Pendapatan Tahunan. Lengkapi juga dengan asuransi tambahan (Rider), misalnya untuk perlindungan kesehatan atau penyakit kritis. Ingat, ambil UP dan Rider sesuai kebutuhan!

4. Cermati bonus dan bebas biaya

Cari yang punya bonus lebih. Misalnya Hanwha Smart Invest Link punya Ekstra Alokasi Premi 1 persen dan Bonus Loyalitas 2 persen mulai tahun polis ke-7, serta Bebas Biaya Akuisisi Premi Dasar sejak tahun pertama.
 
Sementara itu, Hanwha Max Protection Link ada Bonus Loyalitas pada tahun ke-10 dan tahun ke-15 polis, juga Biaya Akuisisi yang rendah dan singkat, hanya selama tiga tahun. Manfaatkan juga promo cashback premi atau diskon merchant dari Hanwha Life selama periode tertentu.

5. Pilih premi Unit Link sesuai kemampuan

Premi Unit Link harus sesuai dengan kemampuan finansial. Besarnya premi baiknya sekitar 10 persen hingga 30 persen dari pendapatan. Sekarang banyak produk Unit Link punya premi yang terjangkau. 

6. Cek performa instrumen investasi Unit Link

Setiap pilihan instrumen investasi memiliki risiko yang beragam: rendah, sedang atau tinggi. Cek performa berkala dan manfaatkan fleksibilitas mengalihkan dana investasi sesuai profil risiko dan gaya investasi Anda.

7. Baca dan pahami polis Unit Link

Pelajari seluruh ketentuan yang tertera di dalam Polis, juga pahami seluruh manfaat dan risiko Unit Link yang Anda pilih. Jadilah nasabah yang aktif serta kritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya