Puluhan Terminal Bus Direvitalisasi hingga Setara Bandara pada 2020

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi dalam forum peluncuran Grab Car Airport di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis malam, 11 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kementerian Perhubungan mengumumkan rencana merevitalisasi 38 terminal bus tipe A se-Indonesia pada 2020. Anggaran yang disiapkan untuk itu mencapai Rp1,2 triliun, dan sudah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiadi, mengatakan itu dalam forum peluncuran Grab Car Airport di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis malam, 11 Juli 2019.

Budi mengungkapkan, rencana merenovasi terminal-terminal bus utama itu ialah inisiatif Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pada prinsipnya, katanya, menteri ingin bangunan dan berbagai fasilitas di 38 terminal bus tipe A dibangun dan ditata lebih modern hingga setara fasilitas di bandara.

Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

Budi mengungkapkan, dana revitalisasi Rp45-50 miliar per terminal. Hal itu bertujuan memberikan layanan transportasi yang baik bagi masyarakat dengan merasakan nyaman dan tertib.

Namun, disayangkan karena dua terminal tipe A di Kota Medan, Sumatera Utara, yakni Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris, tidak masuk daftar revitalisasi. Sebab, Pemerintah Kota Medan belum menyerahkan aset kepada Kemenhub untuk diperbaiki.

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

"Sayangnya cuma Medan terminalnya tipe A belum disampaikan kepada kita. Jawab Pak Wali Kota, terminal tidak diserahkan kepada pusat," ujarnya.

[Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono / Dok. InJourney]

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memastikan, para anak usahanya yang bergerak di sejumlah sektor telah siap

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024