Pelabuhan Marunda Mandek, Komisi V DPR Sebut Negara Bisa Rugi

Pelabuhan Marunda
Sumber :
  • Dok. PT Karya Citra Nusantara Marunda

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) angkat bicara terkait kisruh internal antara PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan PT Karya Citra Nusantara (KCN), yang membuat pengembangan Pelabuhan Marunda mandek saat ini. Masalah tersebut harus bisa segera diselesaikan sehingga tidak menimbulkan kerugian negara.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Anggota Komisi V DPR, Yoseph Umar Hadi mengatakan, pelabuhan itu merupakan bagian dari proyek strategis yang harus berlanjut dan perlu didukung pemerintah. Sebab, pengoperasiannya bisa menjadi alternatif mengatasi kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok.  

"Kenapa dulu itu dibangun, tentu ada suatu pertimbangan, semakin padatnya Tanjung Priok sehingga negara melalui Kemenhub mengusulkan untuk dibangun Pelabuhan Marunda," ujar Yoseph dikutip dari keterangannya di Jakarta, Jumat 12 Juli 2019. 

Kapal Pengangkut BBM Meledak hingga Terbakar di Marunda

Yoseph mengatakan, pemerintah harus bersikap tegas mengambil kebijakan untuk mengatasi permasalahan ini. Upaya itu agar pihak-pihak yang berkepentingan pada akhirnya bisa saling diuntungkan. 

"Potential loss-nya cukup besar, seharusnya sudah menghasilkan keuntungan jadi sekarang kan belum," tutur Yoseph. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN bisa menengahi sengketa ini. Terlepas dari proses hukum yang saat ini sedang dilakukan.

"Kita tetap menghormati hukum tapi penyelesaian secara musyawarah perlu dilakukan. Perlu menjadi perhatian pemegang saham, jangan biarkan terlalu berlarut-larut," ungkapnya. 

Pelepasan Mudik Gratis Pelindo (Doc: Natania Longdong)

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, memberangkatkan sebanyak 3.975 orang yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Adapun, ribuan warga yang mudik itu ke-1

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024