Jokowi Resmikan Pameran Karya Kreatif Indonesia

Jokowi resmikan pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC, Jumat, 12 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Fikri Halim.

VIVA - Presiden Joko Widodo tak hadir pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional yang digelar di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat, 12 Juli 2019. Berdasarkan informasi yang diterima, Jokowi akan diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk hadir pada peringatan Hari Koperasi Nasional itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Lantas ke mana Jokowi?

Pagi ini, Jokowi meresmikan pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dia datang sekitar pukul 8.50 WIB didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Selain itu, juga tampak istri Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla dan juga Sekretaris Kabinet, Pramono Anung hingga Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf. Acara yang diselenggarakan Bank Indonesia ini mengambil tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital".

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam sambutannya mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara yang telah berkenan hadir. Perry mengatakan, dalam acara ini pihaknya menampilkan berbagai macam produk unggulan dari UMKM binaan Bank Indonesia.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Secara khusus kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. UMKM harus kita kembangkan tidak hanya nasional tapi global dan juga digital," kata Perry.

Perry mengatakan, saat ini Bank Indonesia sudah mempunyai 898 UMKM binaan dari 46 kantor cabang Bank Indonesia di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 91 UMKM sudah melakukan ekspor dengan nilai total mencapai Rp1,4 triliun dalam setahun terakhir.

Namun, lanjut Perry, UMKM binaan Bank Indonesia tidak hanya didorong untuk ekspor, melainkan juga didukung untuk masuk ke ranah digital melalui e-commerce.

"Ada lebih dari 355 UMKM nilainya sudah Rp32 miliar yang disambungkan dalam go digital. Sehingga UMKM kita bisa go ekspor dan go digital," kata Perry.

Dengan memukul gendang, Jokowi pun bersama Gubernur BI Perry Warjiyo dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf meresmikan pameran KKI yang akan digelar selama tiga hari tersebut.

"Semuanya saya rasa sudah disampaikan secara jelas dan gamblang oleh Pak Gubernur, karena itu, dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pameran karya kreatif Indonesia saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya