Logo WARTAEKONOMI

Jumlah Orang Tajir RI Semakin Meningkat

Mantap! Jumlah Orang Tajir di Indonesia Semakin Meningkat. (FOTO: Sufri Yuliardi)
Mantap! Jumlah Orang Tajir di Indonesia Semakin Meningkat. (FOTO: Sufri Yuliardi)
Sumber :
  • wartaekonomi

Data kekayaan di seluruh dunia baru saja dirilis oleh Capgemini dalam World Wealth Report 2019. Dari data tersebut, data orang kaya di Indonesia ternyata menunjukkan penambahan jumlah.

Para orang kaya yang dihitung disebut high-net-worth-individual (HNWI) atau individual dengan kekayaan tinggi. Indonesia memiliki 129 ribu orang HNWI pada tahun 2018.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 124 ribu orang. Baiknya lagi, jumlah orang terkaya di Indonesia juga merupakan yang terbanyak di Asia Tenggara.

Dari data tersebut, negara yang memimpin dengan orang terkaya terbanyak adalah Amerika Serikat (AS). Mereka memiliki 5,3 juta populasi orang terkaya.

Para orang terkaya atau HNWI versi World Wealth Report adalah mereka yang memiliki kekayaan di atas US$1 juta atau Rp14,1 miliar. Yang dihitung adalah harta yang bisa diinvestasikan (investable asset), seperti seperti uang, tabungan, dan saham.

Jepang merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tempat orang terkaya berkumpul, yakni dengan 3,15 juta orang. Angka itu turun dari tahun sebelumnya, yakni 3,16 juta. Sementara, Jerman memimpin di Eropa dengan 1,35 juta orang terkaya.