Jonan Copot Dirjen Migas Djoko Siswanto

Menteri ESDM Ignasius Jonan usai pencoblosan pemilu 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Robbi Yanto

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan merombak posisi pejabat di lingkungan Kementerian ESDM. Secara total, Jonan melantik 17 orang pejabat yang terdiri dari dua orang pejabat eselon I, empat orang eselon II, delapan orang eselon II dan tiga orang eselon IV. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Salah satu yang dicopot adalah Djoko Siswanto dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas). Djoko kini dipindah ke jabatan barunya menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). 

Posisi Djoko sebagai Sekjen DEN itu menggantikan Saleh Abdurrahman yang kini diangkat Jonan sebagai staf ahli bidang lingkungan hidup dan tata ruang. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Jonan mengatakan, mulai besok, pihaknya sudah memerintahkan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM untuk segera melelang jabatan Dirjen Migas. Selama masa itu, posisi Dirjen Migas masih dijabat oleh Djoko Siswanto. 

"Jadi jabatannya rangkap dua dulu ya. Selama proses seleksi, Djoko Siswanto tetap jabat sebagai Dirjen Migas," kata Jonan di kantornya, Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Pemerintah Kasih Insentif Pemasangan PLTS Atap untuk UMKM hingga RS

Jonan pun mengatakan pihaknya melakukan seleksi terbuka untuk Dirjen Migas. Untuk diketahui, pencopotan Djoko tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 45/TPA/2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian ESDM. 

Djoko diketahui telah mengisi posisi Dirjen Migas sejak 28 Maret 2019 menggantikan IGN Wiratmaja Puja. Djoko juga pernah menjadi pejabat di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). 

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022