Harga Garam Nasional Anjlok Lagi, Ini Penyebabnya

Pekerja memanen garam di Desa Bunder, Pamekasan, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

VIVA – Harga garam nasional tercatat jatuh hingga 50 persen saat ini. Hal itu membuat sejumlah petani garam kesulitan dan menginginkan harga kembali normal.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono menjelaskan rendahnya harga garam disebabkan kadar NaCi tak sesuai standar mutu garam. 

Ia mengungkapkan, dengan harga yang jatuh tersebut, persoalannya sekarang adalah petani meminta harga sesuai standar meski kualitas garam di bawah standar.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

"Barang tak sesuai standar mutu, (petani) minta dihargai dengan harga standar," kata Agung di kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Ia menjelaskan, produk garam nasional terdiri atas kualitas terbagus yakni K1 hingga K3. Adapun harga garam yang anjlok hanya yang berkualitas K2 dan K3.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

"Masalah utamanya kita harus edukasi petambak garam untuk tidak sekedar memproduksi garam," ujar Agung.

Ia menambahkan, garam dengan kualitas standar harus memiliki kandungan yodium dengan kadar NaCi sebesar 94,7 persen. Bila tak memenuhi standar tersebut, maka tak masuk standar mutu dan memengaruhi harga jual.

Ia menegaskan akan mengedukasi petambak garam. Sehingga tak hanya sekadar memproduksi garam saja, tapi juga kualitas. Hal ini penting karena saat ini saja terdapat 400 industri yang menggunakan bahan baku garam.

"Informasi yang didapat dari teman-teman industri digunakan bahan baku sekitar 400 jenis industri. Tanpa ada garam 400 industri akan terganggu proses produksinya," ujar Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya